Semakin Cerdas Menggunakan Smartphone Android
October 3, 2014
Solusi iPhone 5S Mati Total
October 7, 2014

Jika kita bandingkan jenis jenis kerusakan pada sebuah ponsel, kerusakan sinyal boleh jadi merupakan suatu kerusakan yang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena hanya beberapa IC saja yang menjadi tersangka. Tapi sulitnya disebabkan oleh keterbatasan alat ukur. Bagaimana mungkin seorang teknisi harus mempersiapkan seperangkat alat yang cukup canggih dan juga mahal, jika kita ingin benar-benar memeriksa secara detil dan benar rangkaian radio sebuah ponsel. Tidak cukup jika hanya oscilloscope, diperlukan alat yang jauh lebih canggih dan mahal. Sebut saja spectrum analyzer yang harganya di atas lima juta, atau bahkan sebuah GSM tester yang sudah masuk ke puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Jikalau demikian, bagaimana cara seorang teknisi mendeteksi kerusakan pada bagian sinyal? Apakah tebak-tebakan saja? Apakah ponsel konsumen menjadi bahan uji coba?
Semua ini tergantung sekali dengan sang teknisi. Adakah bekal pengetahuan yang mereka pegang. Atau hanya sekedar tahu dari internet saja. Bahkan ada yang hanya bermodalkan keberuntungan saja. V-Tiga dalam mendidik pesertanya sangatlah mengedepankan ilmu pengetahuan dengan dasar elektronika yang benar, agar seusai mereka lulus, tidak menjadi teknisi yang seperti itu.

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat