Serba-Serbi Charger Ponsel
November 17, 2014
Perbaikan Kerusakan Audio BlackBerry Gemini
November 19, 2014

Kerusakan ponsel BlackBerry sangatlah beragam. Dari yang software hingga yang hardware. Dari yang sederhana, hingga yang rumit. Dari yang memakan waktu banyak hingga yang hanya sebentar pengerjaannya.

Namun kita sebagai teknisi, harus mengetahui adanya tanda blink ponsel yang dapat mengindikasikan secara garis besar masalah pada ponsel tersebut.

Berikut beberapa  arti dari kode blinking BlackBerry . Pengertian dasarnya jika lampu menyala dilambangkan dengan digit “1”. Sebaliknya lampu mati adalah “0” . Semisal ada sebuah ponsel yang ketika diberikan batere, lampunya menyala dua kali saja. Artinya kodenya adalah 11.

Semua kode ada artinya. Misalkan jika hanya menyala sekali saja, artinya masalah pada operating system yang mereset ketika proses inisialisasi. Contoh lain adalah kode “11” melambangkan tidak adanya os pada ponsel. Jika muncul kode “1111”, bisa diartikan adanya masalah ketika proses loading software. Coba lepaskan batere kurang lebih selama satu jam. Baru kemudian dicoba kembali. Jika masalah masih sama, masalah ada di IC flash.

Ada beberapa kode yang mengindikasikan masalah pada ic flash seperti 10101, 10111, 11011, 11111, 101111. Itu semua adalah contoh kode yang sangatlah membantu para teknisi.

Namun tentu saja ada lagi variasi kode kedipan lampu yang lain, yang tidak termasuk dalam pengelompokan kerusakan di atas. Seperti sewaktu pengerjaan kasus seorang murid dalam pelajaran studi kasus. Ponsel yang dibawa oleh si murid adalah BlackBerry tipe onyx 2. Saat batere dipasang lampu menyala sekitar dua puluh lima detik, kemudian mati. Seperti layaknya ponsel hendak menyala. Tapi pada kasus ini ponsel tetap mati.

“Apa yang harus dikerjakan selanjutnya?”  Tanya si murid penasaran

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat