Berbagai Macam Chipset System on Chip
October 21, 2014
Reparasi BlackBerry Mati Total Akibat Salah Charger
October 22, 2014
Memperbaiki kerusakan kabel fleksibel BlackBerry Torch Pada handphone jenis sliding seringkali mengalami beberapa kerusakan akibat pemakaian pengguna. Hal ini disebabkan karena penggunaan kabel fleksibel pada handphone jenis sliding, clamshell, dan sejenisnya. Aus dan keringnya kabel fleksibel akibat penggunaan yang cukup lama menyebabkan penghantar di kabel tersebut mengalami keretakan. BlackBerry Torch merupakan smartphone keluaran BlackBerry yang kerap mengalami kerusakan akibat kabel fleksibel.
Rusaknya kabel fleksibel pada BlackBerry Torch menimbulkan beberapa masalah diantaranya:


Tampilan LCD blank hitam dan lampu indicator berkedip
Trackpad tidak berfungsi bersamaan dengan speaker
Tombol menu, call, back dan end tidak berfungsi
Tampilan layar tidak bisa berotasi
Virtual keypad tidak muncul
Sewaktu di slide LCD blank hitam dan sewaktu slide di tutup LCD kembali normal
Loading berhenti sebelum selesai
Ketika dipakai menelepon LCD blank hitam dan setelah selesai LCD kembali normal
Kerusakan trackpad juga sering terjadi, tapi kerusakan pada trackpad bisa juga dikarenakan dari kerusakan pada flexible.
Pada kasus BlackBerry Torch virtual keypad tidak muncul dan tampilan layar tidak bisa berotasi itu disebabkan karena IC sensor “Accelerometer” yang terdapat pada flexible dan pada mesin BlackBerry mengalami kerusakan
[fcb id='1' align='center'][/fcb]

Charger dan powerbank kini sudah menjadi barang yang wajib dibawa kemanapun kita pergi. Yang cukup disayangkan adalah beberapa pengguna ponsel belum menyadari charger yang dipakai belum tentu kompatibel dengan ponsel lainnya. Output yang dihasilkan tiap travel charger / adapter tiap ponsel berbeda. Dan hal ini bisa memicu kerusakan komponen pada ponsel.

Sebagai tambahan kita perlu memahami terlebih dahulu proses pengisian batere yang terjadi pada ponsel. Simak Diagram berikut ini.

Dari blok diagram, bisa dilihat kalau asal mula proses pengisian berasal dari charger. Saat charger dihubungkan, listrik arus searah sebesar 5 V DC, dikirim ke IC charging control melalui konektor charger. Oleh IC ini, tegangan yang akan dikirim ke batere disesuaikan dengan level tegangan batere, yaitu sekitar 3,7 V lebih sedikit (lebih besar sedikit dibandingkan dengan tegangan batere yang terpasang). Dengan memberikan tegangan Sekaligus IC ini mengatur proses pengisian, apakah batere sudah penuh atau belum, apakah suhu batere terlalu tinggi, yang menentukan proses pengisian harus terus berlangsung atau harus dihentikan.

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.