Reparasi BlackBerry Davis Mati Total
December 5, 2014
Amankah Menghubungkan Speaker Aktif dengan BlackBerry?
December 8, 2014

Seorang alumni membawa sebuah ponsel yang rusak. Dia sangat penasaran dengan kasus yang tidak bisa dia tangani ini. BlackBerry 8230 ini bermasalah di bagian LCDnya
“Sudah diganti berkali-kali, dari fleksibel hingga LCDnya. Tapi masih sama saja!” Dia menjelaskan.
Kemudian sambil memeriksa kondisi ponsel, saya meneliti dengan seksama. Memang ponsel bisa menyala dalam arti masih ada respon suara. Tapi jika dicermati lebih lanjut selain layar tidak tampak sama sekali, yang menarik perhatian saya adalah kondisi layar yang gelap sama sekali.
Bisa saja ini bukan masalah LCD, tapi masalah pada lampunya!

Skema di atas adalah skema konektor fleksibel. Mengingat LCD terhubung dengan fleksibel.
Foto konektor fleksibel

Berikutnya mari kita lihat skema dari mana asal kaki LED_P_F itu.

Rangkaian di atas adalah sumber dari tegangan belasan volt. Tegangan LED_P_F dibangkitkan oleh sebuah IC U1105. IC inilah yang kerap dibilang “IC Lampu” oleh para teknisi.
Posisi U1105
“Apakah IC ini rusak?” Si murid makin penasaran.

Memang di lapangan, kebanyakan teknisi jika menghadapi situasi seperti ini akan langsung memvonis bahwa ic lampu inilah biang keladinya. Namun di Vtiga, para peserta diajarkan agar tidak asal ganti saja. Dengan satu langkah sederhana, kitapun bisa tahu apakah IC kah yang rusak, atau komponen lain, bahkan bisa saja jalurnya rusak.Sang muridpun memeriksa dengan seksama rangkaian serta jalur lampu diatas. Didapatlah bahwa memang benar IC U1105 rusak. Setelah diganti, ponselpun kembali normal.

[fcb id='1' align='center'][/fcb]

Trik Perbaikan</a

Berbagai Trik Perbaikan HP, Smartphone, serta Laptop

Cara Perbaikan Laptop

telephone

021-6317158, 021-92955593
Telkomsel : 081288508878
XL : 087883327959
Indosat : 085888991173
Three : 08989239250

e-mail, Pin BB dan WhatsApp

Email : [email protected]
Pin BB : 580390DD
WhatsApp : 081288508878

Kumpulan Video Perbaikan

Silahkan klik tulisan di atas untuk melihat kumpulan video perbaikan

Meskipun berstatus sebagai ponsel pintar BlackBerry masih membutuhkan PC untuk sekedar mengisi ulang baterai ataupun melakukan aktivitas backup data. Dari sekedar mengisi ulang batere ponsel, atau memindahkan photo hasil jepretan kamera serta data lainnya, sampai meng-upgrade firmware ponsel, semuanya membutuhkan koneksi ke PC via USB USB (Universal Serial Bus)  port. Oleh karena itu, permasalahan di proses perpindahan data lewat port ini akan menimbulkan berbagai macam masalah. Mulai dari yang ringan seperti batere tidak bisa diisi sampai ke ponsel mati total dan tidak bisa di-program ulang.

Transmisi data melalui USB dilakukan secara serial.  Berbeda dengan transimisi data secara paralel, transmisi data secara serial tidak membutuhkan banyak jalur. Dengan demikian peralatan/ asesori yang menggunakan sistem ini bisa didesain secara fisik menjadi sangat simpel dan irit tempat. Memang jika diukur serta dibandingkan dari segi kecepatan, transmisi data secara serial masih kalah cepat dibanding dengan yang paralel.

Pada komunikasi USB ada dua pihak yang terlibat,yang pertama adalah tuan rumah atau disebut Host dalam hal ini adalah komputer PC dan terminal yang hendak dihubungkan, dalam hal ini adalah ponsel BlackBerry.  adalah host-centric bus di mana host/terminal induk memulai semua transaksi. Paket pertama/penanda (token) awal dihasilkan oleh host untuk menjelaskan apakah paket yang mengikutinya akan dibaca atau ditulis dan apa tujuan dari perangkat yang terhubung ke konektor USB. Paket berikutnya adalah paket data.Sedangkan paket yang terakhir  adalah keterangan tentang status dan koreksi yang melaporkan apakah data sudah diterima dengan baik atau terjadi kegagalan sewaktu pengiriman data berlangsung.

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.