Perbaiki Cross A28 Bricked (Mati Total)

Langkah Perbaikan Samsung Galaxy S3
January 9, 2015
Kenapa memilih VTiga Service?
January 12, 2015

Teknisi masa kini dituntut selalu up to date, dengan flash tool dan harus memiliki persediaan firmware ponsel yang lengkap.

Seperti yang dialami oleh seorang murid, ketika mendapat sebuah ponsel Cross A28 yang rusak.         “Ponsel ini tiba-tiba saja mati total. Saya sudah mencoba melakukan pengisian ulang dan mengganti batere, tapi tidak ada hasil.” Jelas sang murid. “Kalau saya analisa dari arusnya, kemungkinan kerusakan ada dibagian software-nya. Tapi, bagaimana cara perbaikannya ya pak, pakai alat apa?” Tanyanya lagi. Karena pada saat itu sedang dalam sesi pelajaran studi kasus, ponsel langsung diperbaiki bersama.

Pada kesempatan kali ini, V-TIGA Pusat Pelatihan Teknisi Ponsel dan Laptop, akan membahas perbaikan software dari Ponsel Cross A28 bricked (mati total karena Software).

Kerusakan mati total pada ponsel bisa diakibatkan oleh banyak hal. Namun jika hendak dikelompokan, penyebabnya ada dua, software atau hardware. Kedua jenis kerusakan ini tentu saja berbeda cara penanganannya. Sebagai seorang teknisi, kita harus pandai-pandai menganalisa, jika keliru, waktu dan tenaga akan terbuang percuma.

Ada beberapa strategi yang bisa dipilih, salah satu yang termudah adalah dengan menganalisa arusnya, kerusakan software yang menyebabkan sebuah ponsel mati total memiliki karakterisitik khusus dalam pemakaian listriknya. Kita dapat melihatnya secara jelas dari penunjukan jarum ampere, sewaktu ponsel tersebut  dicoba dinyalakan menggunakan sebuah power supply yang dilengkapi dengan ampere meter.

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat