CARA MENGATASI TOUCHSCREEN BERGERAK SENDIRI
March 14, 2017
Cara Mengatasi SIM CARD Tidak Terbaca Di ANDROID
March 15, 2017

Penyebab hp sering mati sendiri adalah satu hal yang sepele sekaligus juga runyam. Kenapa? Bisa sederhana kalau penyebabnya hanya sepele. Tapi bisa buat teknisi tidak bisa tidur berhari hari gara gara ini.

Kenapa bisa begitu? Karena penyebabnya begitu beragam. Mari kita simak !

Penyebab pertama adalah masalah koneksi batere
Masih ingatkah dengan batere berjenis ini?


Di mana konektor baterenya adalah seperti di bawah ini


Untuk kasus batere yang bertipe seperti di atas, adalah wajar jika koneksinya dengan konektor batere bisa bermasalah. Bayangkan setelah bertahun tahun dipakai, apakah wajar jika konektor baterenya akan bermasalah?
Apa gejalanya? Ya tentu batere akan terhubung, kadang terputus. Ketika terputus, maka ponsel akan menjadi mati bukan?

Nah itulah sebabnya beberapa pabrikan ponsel kini menggunakan konektor yang lebih kokoh, bahkan ada yang langsung disolder supaya kasus di atas tidak terulang kembali.



Hal sederhana yang bisa menjadi penyebab hp sering mati sendiri lagi adalah karena batere. Batere yang rusak merupakan hal yang wajar, solusinya ya tentu dengan cara diganti dengan yang baru.

Selain dua hal di atas, kita perlu analisa lebih dalam. Penyebab hp sering mati sendiri sering juga dikarenakan oleh firmware atau software bawaan dari si ponsel. Jika firmware pabrikannya bermasalah, atau kurang sempurna akan juga mengakibatkan hp sering mati sendiri. Nah bagaimana solusinya? Upgrade firmware adalah solusinya.

Sebelum masuk ke masalah hardware, yakni adanya kerusakan pada komponen di hp kita, kita bahas dulu kemungkinan lain di bagian software. Yang sering terjadi adalah memory yang penuh. Inilah tragisnya pemakai ponsel pintar yang tidak smart dalam menggunakannya. Ketahuilah berapa besar kapasitas ponsel kita, dan data data yang masuk tersimpan di mana. Misalnya data video dan foto yang kita ambil, di manakah disimpannya? Atau juga yang tersimpan di WA, BBM, facebook, dan lainnya itu secara perlahan namun pasti akan memenuhi ponsel anda. Dan ketika dia sudah penuh, ponsel anda akan melambat. Sebelum terjadi, ketahuilah terlebih dahulu.

Selain memory handphone, yang perlu dicermati adalah pemakaian RAM. Apakah ponsel anda mumpuni untuk menjalankan aplikasi aplikasi yang anda butuhkan. Hal ini juga akan membuat RAM anda overload, dan akibatnya ponsel menjadi lambat, lalu ponsel anda bisa saja suka mati sendiri.

Faktor lain yang kerap mengganggu dan membuat hp sering mati sendiri adalah virus. Keberadaan virus tidak bisa lepas dari internet. Jadi selama anda browsing di internet, kemungkinan ponsel anda terserang virus itu tinggi.

Mari kita masuk ke bagian hardware. Penyebab hp mati adalah adanya arus berlebih pada ponsel. Gejalanya adalah ponsel suka panas. Ada panas artinya ada yang bekerja berlebih. Bagaimana cara mendeteksinya? Perlu alat khusus untuk perbaikan hardware. Vtiga sebagai pusat pelatihan teknisi hp dan laptop tentu mengajarkan cara perbaikan kasus seperti ini. Perlu alat sederhana seperti di bawah ini.



Alat ini tidak terlalu mahal, namun sangat membantu dalam perbaikan ponsel, khususnya untuk mendeteksi hp yang sering mati sendiri. Dengan alat ini, kita bisa melihat ponsel kita apakah boros, ada yang koslet, dan juga bisa melihat komponen manakah yang bermasalah.

Baca Juga ARUS YANG NORMAL PADA HANDPHONE

Bagaimana Cara Mendeteksi Kerusakan Koslet

Nah, kini ada sebuah IC yang lagi naik daun. IC ini jika rusak, gejalanya juga sama yaitu suka mati sendiri. IC ini namanya eMMC. Fungsinya kurang lebih seperti memory yang menyimpan program yang ada di ponsel, dan juga menyimpan data yang kita download dan kita install.



Untuk mengganti IC ini, kita perlu alat yang lebih rumit lagi. Selain alat untuk mengangkat pasang IC, kita juga perlu programmernya. Sebab kita perlu mengisi ulang IC ini, supaya ponsel kembali menyala.

Masalah ini sering muncul di sekitar kita. Bayangkan jika kita bisa memiliki kemampuan untuk memperbaikinya, bukankah ini akan menjadi sumber mata pencaharian kita? Mari bergabung bersama kami, Vtiga Pusat Pelatihan Teknisi Ponsel dan Laptop.



Semoga bermanfaat.

"Share atau bagikan artikel ini, jika anda merasa terbantu"

"BERBAGI ITU INDAH"

[fcb id='1' align='center'][/fcb]

 Untuk info lebih lanjut silakan tinggalkan no telephone

V-Tiga Training Center (Pusat Pelatihan Teknisi Hp & Laptop) (*) Pengalaman Lebih dari 15 tahun(berdiri sejak 1998) (*) Fasilitas Belajar Lengkap (*) Free Tool kit & File Software (*) GRATIS MESS PENGINAPAN

** www.vtiga.com & kursuslaptop.com 0812.8850.8878 (WhatsApp/Line/Phone) Komplek Ruko RTC(Roxy Trade Center) Jl. KH Hasyim Ashari No 233L Jakarta Pusat




Trik Perbaikan</a

Berbagai Trik Perbaikan HP, Smartphone, serta Laptop

Cara Perbaikan Laptop

telephone

021-6317158, 021-92955593
Telkomsel : 081288508878
XL : 087883327959
Indosat : 085888991173
Three : 08989239250

e-mail, Pin BB dan WhatsApp

Email : [email protected]
Pin BB : 580390DD
WhatsApp : 081288508878

Kumpulan Video Perbaikan

Silahkan klik tulisan di atas untuk melihat kumpulan video perbaikan

Penyebab hp sering mati sendiri adalah satu hal yang sepele sekaligus juga runyam. Kenapa? Bisa sederhana kalau penyebabnya hanya sepele. Tapi bisa buat teknisi tidak bisa tidur berhari hari gara gara ini.

Kenapa bisa begitu? Karena penyebabnya begitu beragam. Mari kita simak !

Penyebab pertama adalah masalah koneksi batere
Masih ingatkah dengan batere berjenis ini?

Di mana konektor baterenya adalah seperti di bawah ini

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat