Penyebab Baterai Ponsel Tak Terisi Penuh

Project Ara ponsel “rakitan” buatan Google yang fenomenal
January 14, 2015
Serba-serbi monitor LCD
January 16, 2015

Banyaknya fitur yang terdapat pada ponsel pintar membuat penggunanya memiliki kebiasaan baru. Powerbank dan charger selalu siaga setiap waktu jika dibutuhkan, maka tak heran baterai untuk ponsel pintar laris manis sebagai cadangan tenaga bagi ponsel pintar.

Namun, kebiasaan memakai ponsel pintar diluar batas ini seringkali menimbulkan masalah. Daya tahan baterai menurun, atau konektor charger yang rusak seringkali ditemui. Dan beberapa gejalanya diantara lain baterai yang tidak bisa diisi penuh meskipun sudah di charge selama 8-9 jam.

Baterai tidak bisa terisi penuh bisa ada beberapa faktor diantaranya:

Pada umumnya baterai yang sudah berusia 1 tahun cenderung mengalami penurunan daya tahan. Ganti dengan baterai yang original karena beberapa baterai non original tidak sesuai dengan kapasitas yang tercantum pada kemasannya.

Untuk ponsel yang menggunakan non-removable battery atau baterai internal. Kita bisa melihat secara langsung apakah terjadi deformasi pada baterai, seperti kembung.

Pastikan tidak ada bagian yang terkelupas pada kabel data. Gunakan multi meter untuk mengecek arus dan voltage dari charger, kita juga bisa mencoba cara pengecekan lain, yaitu dengan mencobanya pada device lain.

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat