Cara Flash VIVO V5
August 1, 2017
Cara Memperbaiki Kamera Alcatel
August 2, 2017

Masalah S7 Mati Total

Dari beragam jenis kerusakan yang mungkin ditemui pengguna smartphone, tidak salah jika smartphone mati total adalah “penyakit” yang paling ditakuti. Biasanya biaya perbaikannya pun pasti paling mahal dibanding dengan ongkos perbaikan kerusakan yang lain. Apabila ponsel kesayangan kita terlanjur rusak mati total, apakah yang harus dikerjakan? Pada kesempatan kali ini VTIGA akan membahas cara perbaikan Samsung Galaxy S7 yang mati total.

Seringkali orang bingung, bagaimana cara memperbaiki ponsel yang mati total. Jika ini ditanya ke para teknisi pun, jawabannya akan sangat beragam, menyesuaikan dengan pengalaman pribadi mereka dalam memperbaiki ponsel. Apalagi jika ponsel yang dihadapinya adalah sebuah ponsel android yang tergolong baru seperti Samsung Galaxy S7. Bahkan banyak diantara para teknisi yang sudah memiliki jawaban sebelum pemeriksaan dilakukan, “eMMC rusak” jadi kambing hitamnya . Tentu saja, bisa jadi asumsi mereka benar. Tapi, seringkali salah. Kali ini VTIGA hendak membahas cara berpikir jika menghadapi sebuah ponsel S7 yang mati total, dengan demikian diharapkan tingkat akurasi Analisa bisa sesuai harapan.

Berhubung batere yang terpasang di ponsel ini tidak mudah dilepaskan (Batere tanam), biasanya kita memulai pemeriksaan dengan menghubungkan ponsel ke PC via USB cable. Jika saat dihubungkan, oleh PC terdeteksi seperti “found new Hardware”, artinya PC dan smartphone bisa berkomunikasi via USB. Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa processor dalam ponsel sudah bisa bekerja. Namun apabila saat dihubungkan, PC tidak mendeteksi apapun juga, artinya komunikasi antara PC dan smartphone tidak berlangsung. Dengan asumsi kabel USB dan koneksi dalam keadaan baik, kita harus mengambil kesimpulan bahwa processor dalam ponsel tidak bekerja. Apa yang harus kita lakukan berikutnya?

Mau tidak mau, casing ponsel harus dibuka, lalu mainboard smartphone kita hubungkan dengan DC Power Supply. Atur tegangan keluaran dari Power Supply sekitar 3,7 sd 4 volt. Hubungkan ke konektor batere ponsel, lalu tekan saklar on/off. Ada beberapa kemungkinan yang akan kita temui. Bisa saja arus sama sekali nol atau bahkan naik tinggi sekali. Kemungkinan lain, arus naik sedikit (dibawah 100 mA). Pada artikel yang lalu, VTIGA telah membahas cara perbaikan Samsung Galaxy S7 yang mati total, arus 0 mA, silahkan baca pembahasannya di  sini. http://vtiga.com/2017/07/samsung-s7-mati-total/

Namun jika arus listrik sudah masuk, tetapi tidak bisa terhubung ke PC, kita harus memastikan beberapa tegangan penting yang harus ada. Untuk lebih jelasnya lihat penjelasan berikut.

Pada kapasitor ini akan terukur 0,8 volt

Di titik ini sekitar 1,1 volt

Tegangan akan terbaca sekitar 1,3 volt

Pada kapasitor ini harus ada tegangan listrik sebesar kurang lebih 2 volt

Pada kapasitor ini akan ada tegangan listrik sebesar 2,3 volt

Apabila salah satu tegangan yang sudah dijelaskan di atas tidak ada atau jauh dari tegangan yang semestinya, bisa dipastikan IC Power tidak bekerja normal. Ada baiknya kita pastikan sambungan kaki-kaki IC tersebut dengan cara dipanaskan dengan blower, atau dicetak pasang kembali. Apabila tegangan masih tidak normal, IC power harus diganti.

Sedangkan jika tegangan yang terukur semuanya baik, kerusakan ada di bagian lain, langkah berikutnya adalah memastikan signal control lain, serta processor utama. Kita akan membahasnya di lain kesempatan.

Bisa lihat peluang usaha di bidang perbaikan smartphone? Ingin belajar lebih dalam tentang perbaikan smartphone? VTiga solusinya. Dengan pengalaman kami hampir dua puluh tahun, kami mendidik para pesertanya sampai bisa! Mari bergabung Bersama kami !

 

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat