Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

CARA MENGATASI HP BOOTLOOP LEWAT PC
March 20, 2017
Laptop Mati Total Tapi Lampu Indikator Menyala
March 20, 2017

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Pernahkah anda mengalami laptop kesayangan anda bermassalah? Misalnya laptop tidak bisa menyala. Apa yang anda lakukan? Pastilah anda memeriksa bagian powernya bukan? Cobalah mengganti baterenya, curigai bagian chargernya sebelum merambah ke bagian yang lebih rumit.

Sebenarnya ada sebuah indikator yang disiapkan oleh vendor untuk para teknisi, ataupun pengguna agar mudah dalam menganalisa kerusakan. Lampu yang ada di laptop adalah alat bantu kita. Ada beberapa lampu indikator yang terdapat di sana

Memang setiap laptop berbeda, namun kalau kita ambil secara umum, bisa kita tulis seperti di bawah ini.

  1. Indikator power

Indikator power ini biasanya menyala setelah tombol power ditekan

2. Indikator charger

Sebuah indikator yang hanya menyala di saat laptop dicharge baterenya

3. Lampu aktivitas

Lampu yang akan berkedap kedip ketika ada aktivitas harddisk di dalam laptop

4. Lampu Wifi

Lampu yang menyala di saat wifi diaktifkan

5. Lampu capslock

Lampu untuk indikator caps lock diaktifkan

Sebenarnya lampu ini tidak ada standard jumlah dan keharusannya. Bisa saja sebuah laptop ditemukan dengan empat lampu, tapi tidak tertutup keungkinan bisa lebih ataupun kurang.

Nah Jika anda menemukan laptop tidak bisa menyala, yang pertama mesti dilakukan adalah memeriksa indikator lampu.

Pastikan lampu indikasi adapter dipasang menyala. Ini berarti tegangan adapter telah masuk ke laptop dan bekerja dengan normal. Apabila lampu indikasi ini mati maka bisa dipastikan ada rangkaian listrik yang bermasalah pada laptop anda.

Marilah lihat salah satu cuplikan skematik berikut apabila indikasi lampu adapter dipasang menyala tetapi laptop tidak bisa hidup setelah saklar ditekan.

Dalam menganalisa sebuah kerusakan, kita tidak bisa serta merta memvonis sebuah kerusakan hanya berdasrkan gejala saja. Perlu pemahaman cara kerja secara menyeluruh. Itulah yang ditanamkan VTIga pusat pelatihan teknisi laptop kepada para peserta didiknya. Mereka dibekali pengetahuan sehingga mereka bisa menganalisa kerusakan secara tepat bukan asal tebak tebakan.

Kalau dilihat dari skema di atas, CN3 merupakan konektor buat saklar on/off. Kaki ke-1 dari CN3 jika diukur harus ada tegangan 3V karena datang dari +3VPCU dengan nama jalurnya NBSWON#. Jika saklar ditekan maka jalur NBSWON# ini akan menjadi 0V sehingga U10 bekerja.

Jika tegangan +3VPCU hilang maka harus diperiksa sumber tegangan +3VPCU-nya. Apakah IC Powernya rusak atau tidak bekarja.

Jika tegangan NBSWON# tidak bisa jadi 0V setelah saklar ditekan berarti saklar on/off rusak.

Jika tegangan NBSWON# bisa menjadi 0V setelah saklar ditekan berarti IC U10 rusak dan harus diganti. U10 merupakan sebuah IC yang dikenal dengan istilah EC atau embedded controller.

Jika sinyal SLP_S3#, SLP_S4# dan SLP_S5# tidak ada setelah saklar ditekan maka IC Southbridge rusak.

Setelah mengganti IC yang ada diatas kenapa laptop tetap mati? Karena masih banyak sekali faktor faktor yang bisa menyebabkan sebuah laptop tetap mati. Bisa tegangan kerja yang tidak normal. Ingat dalam sebuah laptop terdapat banyak komponen dan chipset yang membutuhkan banyak tegangan. Bisa saja tegangan ini tidak normal. Perlu diukur lagi !

Atau bisa juga terjadi kesalahan pada chipsetnya. Ada banyak chipset yang terdapat di sebuah laptop. Contoh lainnya: Laptop Compaq ini jika ditekan saklarnya lampu keyboard untuk numlock dan capslock berkedip 2 kali.

Pada laptop Compaq jika lampu berkedip 2 kali memiliki arti yaitu ada masalah pada bagian BIOS-nya. Jadi IC BIOS-nya harus diprogram ulang.

U29 merupakan IC BIOS. Untuk melakukan program ulang maka IC tersebut harus dicabut. Program ulang BIOS disini kita menggunakan RT809F.

Setelah selesai di program ulang maka IC BIOS tersebut di pasang kembali ke mainboard.

Laptop hidup normal kembali seperti semula

Selain IC BIOS ada juga IC lain yang bisa menyebabkan laptop tidak bisa hidup tetapi lampu power bisa nyala. Jika salah satu IC bermasalah, selesai sudah ! Kita perlu pemahaman yang lebih jauh dan mendalam tentang sebuah laptop. Sungguh disayangkan, banyak teknisi dan orang awam yang hanya mengerti kerusakan chipset saja. Padahal kemungkinannya banyak sekali. Mari bergabung bersama kami VTiga pusat pelatihan teknisi laptop. Cari uang dari laptop? Kenapa Tidak?

Semoga bermanfaat.

“Share atau bagikan artikel ini, jika anda merasa terbantu”

“BERBAGI ITU INDAH”

 Untuk info lebih lanjut silakan tinggalkan no telephone

V-Tiga Training Center (Pusat Pelatihan Teknisi Hp & Laptop) (*) Pengalaman Lebih dari 15 tahun(berdiri sejak 1998) (*) Fasilitas Belajar Lengkap (*) Free Tool kit & File Software (*) GRATIS MESS PENGINAPAN

** www.vtiga.com & kursuslaptop.com 0812.8850.8878 (WhatsApp/Line/Phone) Komplek Ruko RTC(Roxy Trade Center) Jl. KH Hasyim Ashari No 233L Jakarta Pusat

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat