CARA UNLOCK BOOTLOADER MI4C TANPA OFFICIAL
July 11, 2017
CARA PERBAIKAN IPHONE 6 PLUS BERKEDIP
July 13, 2017

Laptop hidup sebentar kemudian mati

Pernahkah anda mengalami kasus atau gejala seperti ini? Laptop menyala sebentar lalu kemudian kembali mati. Apa yang anda lakukan? Mengganti baterai? Menghubungkannya dengan charger. Namun bila masih tetap sama, apakah yang anda kerjakan selanjutnya? VTiga pusat pelatihan teknisi laptop kali ini akan mengupas bagaimana memperbaiki laptop yang hidup sebentar kemudian mati.

Jika anda menemukan kasus seperti ini, ada banyak kemungkinan:

  1. Terjadi korslet pada salah satu komponen
  2. Kondisi pasta pendingin yang sudah mulai kering
  3. Kipas pendingin tidak berputar
  4. Ada komponen yang sudah usang dan harus diganti

Untuk dapat memastikan kerusakan, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah periksa kondisi arus dengan menggunakan power supply. Caranya adalah beri tegangan sesuai adapter lalu hidupkan laptop. Perhatikan gerakan arusnya pada skala Ampere ( A ).

Setelah diperiksa, ternyata arus pada kondisi normal. Tapia da satu kejanggalan yakni kipas pendingin tidak berputar, hal inilah yang menyebabkan Processor mengalami Over Heat hingga laptop hanya hidup sebentar lalu mati, maka langkah yang harus dilakukan:

  1. Cek kondisi kipas dengan memberi tegangan 3,3 volt sampai 5 volt ( hati-hati jangan sampai terbalik karena akan menyebabkan kerusakan pada kipas )
  2. Bila kondisi pertama oke, cek konektor kipas pendingin ( beri tegangan yang sesuai dengan adapter lalu hidupkan laptop ). Di sana harus ada tegangan sebesar 3,3 volt atau 5 volt.
  3. Bila kondisi ke dua tidak oke, berarti ada kemungkinan putus jalur atau kerusakan pada IC EC, maka anda dapat langsung mengganti IC EC atau anda dapat memanaskan nya dahulu, tetapi ada resiko yang harus ditanggung yaitu laptop MATI TOTAL.

Bagaimana jika setelah IC EC diganti kondisi laptop masih tetap sama?? Ada satu trik lagi yaitu hidupkan laptop anda lalu ukur tegangan pada komponen disekitar konektor kipas pendingin. Jika anda menemukan tegangan sebesar 3,3 volt atau 5 volt, segera matikan laptop anda lalu ukur kembali komponen yang sebelumnya anda ukur. Dan ternyata tegangan yang sebelumnya 3,3 volt atau 5 volt saat laptop hidup menjadi nol. ( lihat gambar 1 )

Jika anda menemukan komponen seperti kondisi tersebut ( kapasitor, mosfet, induktor ), anda dapat melakukan teknik jumper yaitu menyambung langsung kabel merah kipas pendingin pada komponen yang ada tegangannya dan kabel hitam pada ground. Nah selesai sudah masalah. ( lihat gambar 2 )

Jumper kabel merah kipas disini

Tetapi dengan trik seperti ini, ada masalah baru yang harus anda hadapi:

  1. Batere jadi lebih cepat habis karena kipas terus berputar
  2. Kipas mudah rusak

Jika anda ingin masalah benar-benar selesai, maka anda harus mengerti dan menguasai teknik membaca skema serta bagaimana cara kerja setiap komponen atau system pada laptop, untuk itu jangan tunda waktu lagi, segeralah bergabung bersama kami V-Tiga, karena di V-Tiga anda akan kami bimbing untuk bisa mengerti dan menguasai teknik membaca skema dan cara kerja system pada laptop sampai sedetail-detailnya dan hanya kami V-Tiga yang berani memberi garansi uang kembali jika anda gagal menjadi teknisi handal. Berani terima Tantangan kami??? Kami tunggu kedatangan anda.

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat