HP TIDAK BISA DI-CHARGE DALAM KEADAAN MATI

Penyebab HP Sering Mati Hidup
October 18, 2017
Cara Mengatasi Imei Tidak Valid
October 19, 2017

HP TIDAK BISA DI-CHARGE DALAM KEADAAN MATI

Permasalahan HP tidak bisa di-charge seringkali dijumpai. Tentu ini sangat mengganggu aktivitas pengguna. Bagaimana tidak, semua hal sekarang ini bisa dilakukan serta diakses lewat HP. Dengan semakin banyaknya aplikasi yang dibuat saat ini, entah itu Facebook, Youtube atau Gojek dan lain-lain, semuanya membuat kerja CPU semakin berat. Ketika CPU dan IC-IC lain dipaksa untuk bekerja ekstra, maka konsumsi listrik — dalam hal ini baterai sebagai sumbernya—akan meningkat pesat. Sudah pasti, baterai ponsel akan cepat habis jika sudah seperti ini. Repotnya setelah baterai dipakai sampai habis (tentu saja ponsel akan mati) muncul satu permasalahan baru, HP tidak bisa di-charge dalam keadaan mati habis baterai. Bagaimana solusinya?

Pada dasarnya semua ponsel jika baterainya habis total, akan mati. Dalam kondisi mati ini, kita tinggal menghubungkan ponsel ke charger, lalu baterai akan terisi lagi. Namun seringkali ada beberapa kasus, ketika baterai habis, ponsel malah tidak mau diisi, alhasil, ponsel jadi mati total. Jika ini yang terjadi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Gunakan charger original

Untuk banyak kasus, proses pengisian berjalan sangat lambat karena spesifikasi charger tidak cocok dengan ponsel. Ini bisa terjadi jika charger yang digunakan bukan yang original.  Ketika ponsel mati yang kehabisan baterai di-charge, proses tidak berlangsung. Jika menggunakan charger original tidak juga menyelesaikan masalah, lanjut ke langkah berikutnya

Figure 1 charger original sesuai dengan tipe ponsel

  • Hubungkan ponsel ke PC.

Saat ponsel dihubungkan lewat kabel data USB, walaupun baterai dalam kondisi kosong total, ponsel akan dideteksi oleh PC. Langkah ini akan memberi kita kepastian bahwa ponsel masih dalam kondisi baik, hanya saja baterainya yang sudah kosong total. Apabila PC tidak bisa mendeteksi ponsel, artinya komunikasi antara PC dan ponsel tidak terjadi. Bila sambungan sudah dipastikan baik, kerusakan ada di hardware ponsel. Untuk memperbaikinya silahkan baca:

  • Charge baterai langsung menggunakan desktop

Mengisi baterai tidak selalu harus menggunakan charger yang dihubungkan ke ponsel. Dengan menggunakan desktop charger, kita menghubungkan baterai langsung ke charger. Atau bisa juga kita menggunakan DC Power Supply untuk mengisi baterai yang kosong tadi. Dengan membatasi besar arus sekitar 0,5 Ampere, kita melindungi baterai dari arus berlebih yang berpotensi merusak baterai.

Figure 2 desktop charger

Dengan memastikan bahwa ponsel bisa terkoneksi ke PC, kita sudah yakin bahwa ponsel masih bisa bekerja normal. Kalau cara-cara di atas tidak membawa hasil, gantilah baterainya.

Oh iya, untuk melakukan tips tips di atas, sebelumnya anda harus pastikan dulu apakah smartphone anda bisa menyala atau tidak. Caranya mudah, gunakan batere yang memang sudah dipastikan nyala. Coba batere tersebut ke hp sejenis, dan kalau menyala artinya batere masih bisa berfungsi. Selanjutnya kita coba di smartphone kita. Nah kalau mati total, beda lagi ceritanya. Anda harus bisa memperbaiki hp yang mati total.

Beberapa artikel tentang cara perbaikan mati total :

Bila anda melihat peluang dalam bisnis perbaikan smartphone dan laptop, kenapa anda tidak meraihnya? Anda bisa ! Mari belajar di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop. Kami berikan bukti bukan janji !

Sukses untuk anda !

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat