Penyebab HP Cepat Panas
March 1, 2017
HP Cepat Panas
March 3, 2017

HP Dicas Tapi Tidak Mengisi

Secanggih apapun smartphone yang dipakai, proses pengisian baterenya (mengecas) kurang lebih pada prinsipnya sama saja. Sel batere yang dipasang, harus dihubungkan dengan seumber tegangan listrik yang lebih tinggi dari si batere. Dalam hal ini, sumber tegangan yang dipasang adalah charger ponsel. Sesuai dengan sifat asal dari listrik, saat charger dipasang, arus listrik akan mengalir dari charger menuju batere, terjadilah proses pengisian batere. Namun seringkali terjadi walaupun HP sedang dicas tapi tetap tidak mengisi., mengapa hal ini bisa terjadi? Bagaimana cara perbaikannya? Simak langkah berikut :

1. Periksa charger yang dipakai, apakah sudah bekerja



Figure 1 Mengukur tegangan yang dihasilkan charger Juga harus dipastikan, jenis charger sesuai dengan ponselnya.

2. Periksa apakah terjadi hubungan singkat (short circuit) pada rangkaian charging control yang ada pada ponsel. Caranya simpel saja, carilah komponen yang panasnya melebihi batas normal saat charger dipasang. Untuk itu, casing ponsel perlu dilepas, lalu menggunakan jari tangan (buang dahulu muatan listrik statis pada jari tangan anda), deteksi apakah ada yang panas.



Figure 2 Saat charger dipasang, carilah komponen yang panas

3. Periksa kondisi dari konektor charger pada ponsel. Sering kali, konektor bermasalah karena kotor atau ada yang patah. Bersihkan jika memungkinkan, jika perlu diganti dengan yang baru.





Figure 3 Periksa kondisi fisik konektor

4. Periksa jalur sambungan antar konektor dengan rangkaian charging control dalam ponsel.



Coba kita lihat penggalan skema Samsung Galaxy S6 edge diatas, pada C8070 harus terdapat tegangan sebesar 5 volt. Jika tidak, artinya, tegangan yang dikirim oleh charger tidak tesalurkan, alias ada jalur yang putus. Jika sudah putus, jalur ini harus disambung menggunakan kawat jumper.

5. Periksa IC charging control yang berfungsi mengatur proses pengisian batere. Pada Samsung Galaxy S6 edge, perhatikan IC U8007 (pada figure4) yang mengatur wireless charging dan IC U7026, sebagai IC charging controller. Jika perlu IC ini harus diganti.




Figure 5 Charging Controller

Semoga bermanfaat.

"Share atau bagikan artikel ini, jika anda merasa terbantu"

"BERBAGI ITU INDAH"

[fcb id='1' align='center'][/fcb]

 Untuk info lebih lanjut silakan tinggalkan no telephone

V-Tiga Training Center (Pusat Pelatihan Teknisi Hp & Laptop) (*) Pengalaman Lebih dari 15 tahun(berdiri sejak 1998) (*) Fasilitas Belajar Lengkap (*) Free Tool kit & File Software (*) GRATIS MESS PENGINAPAN

** www.vtiga.com & kursuslaptop.com 0812.8850.8878 (WhatsApp/Line/Phone) Komplek Ruko RTC(Roxy Trade Center) Jl. KH Hasyim Ashari No 233L Jakarta Pusat


Trik Perbaikan</a

Berbagai Trik Perbaikan HP, Smartphone, serta Laptop

Cara Perbaikan Laptop

telephone

021-6317158, 021-92955593
Telkomsel : 081288508878
XL : 087883327959
Indosat : 085888991173
Three : 08989239250

e-mail, Pin BB dan WhatsApp

Email : [email protected]
Pin BB : 580390DD
WhatsApp : 081288508878

Kumpulan Video Perbaikan

Silahkan klik tulisan di atas untuk melihat kumpulan video perbaikan

HP Dicas Tapi Tidak Mengisi


Secanggih apapun smartphone yang dipakai, proses pengisian baterenya (mengecas) kurang lebih pada prinsipnya sama saja. Sel batere yang dipasang, harus dihubungkan dengan seumber tegangan listrik yang lebih tinggi dari si batere. Dalam hal ini, sumber tegangan yang dipasang adalah charger ponsel. Sesuai dengan sifat asal dari listrik, saat charger dipasang, arus listrik akan mengalir dari charger menuju batere, terjadilah proses pengisian batere.
Namun seringkali terjadi walaupun HP sedang dicas tapi tetap tidak mengisi., mengapa hal ini bisa terjadi? Bagaimana cara perbaikannya? Simak langkah berikut :

1. Periksa charger yang dipakai, apakah sudah bekerja

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat