CARA MENGGANTI LCD IPHONE 6 J
November 15, 2017
TRIK JITU PERBAIKAN TOUCHSCREEN
November 15, 2017
Memperbaiki HP Asus Tidak Bisa Di Charge Dalam Keadaan Hidup

HP ASUS TIDAK BISA DI-CHARGE DALAM KEADAAN HIDUP

Sehabis digunakan, ponsel harus di-charge ulang. Saat pengisian baterai berlangsung, pada umumnya ponsel tetap dalam kondisi hidup, tentu di saat itu, fungsi ponsel tidak hilang sedikit pun.

Jarang proses charge dilakukan dalam kondisi mati, kecuali memang si pemilik ponsel mau memastikan proses charging berlangsung lebih cepat.

Namun banyak keluhan dialami oleh para pemilik ponsel khususnya model ASUS yang bermasalah saat ponselnya tersebut di-charge.

namun ponsel tidak bisa di-charge dalam keadaan hidup. Bila proses charge dilakukan dalam kondisi HP off atau mati, tidak ada masalah. Bagaimana solusinya?

Pada kesempatan kali ini, VTIGA akan membahas cara memperbaiki HP ASUS yang tidak bisa di-charge dalam keadaan hidup.

Berhubung, ponsel selalu dipaksa bekerja sampai batas maksimal, banyak laporan adanya gangguan performa CPU dalam ponsel. Salah satu gejalanya adalah, saat ponsel dihubungkan ke PC via USB, komunikasi tidak berlangsung normal, PC sama sekali tidak bisa mendeteksi adanya HP yang dihubungkan via USB.

Juga, jika ponsel tersebut di-charge dalam keadaan hidup, proses charging tidak berlangsung. Hal ini disebabkan CPU ponsel tidak bekerja semestinya.

Namun tidak perlu khawatir, untuk memperbaikinya kita tidak perlu mengganti CPU, atau mereset HP. Kita bisa mencobanya terlebih dahulu dengan sebuah aplikasi yang bisa mengalihkan kerja CPU sementara, lalu selanjutnya CPU bisa memulai kerjanya lagi dengan prekondisi tertentu.

Bagaimana caranya?

Gunakan aplikasi MTK Engineering Mode (untuk HP yang menggunakan CPU Mediatek)

  1. Download aplikasinya di Playstore.
Mengatasi HP Asus Tidak Bisa Di Charge

2. Masuk ke menu MTK selanjutanya pilih MTK setting

3. Masuk ke menu Hardware testing – lalu pilih USB

4. Kemudian pilih USB IF test

memperbaiki HP Asus Tidak Bisa Di Charge dengan aplikasi

5. Pilih kolom electrical test no.1-4 pilih “start” kemudian “stop” . proses sudah selesai.
6. Apabila penyebabnya hanya karena CPU yang sedikit hang, maka ponsel sudah bisa di charge kembali dalam kondisi hidup

Lakukan Hard Reset

Untuk ponsel Samsung caranya tidak sulit. Kita tinggal kondisikan HP dalam kondisi OFF, lalu kita tekan 3 tombol secara bersamaan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca link berikut:

http://vtiga.com/2017/05/hard-reset-ASUS/

Satu hal lagi yang perlu diingat. Setelah masalah software dipastikan tidak bermasalah, perhatikan baik baik konektor charging dari hp kita. Terkadang koneksi yang kurang baik terjadi pada konektor charger kita menyebabkan batere tidak bisa mengisi. Tampak baik belum tentu normal. Jadi sering kali memang konektor ini diganti untuk memastikannya. Bagaimana caranya ? Tidak sulit sebenarnya. Anda bisa lakukan sendiri.

Kalau berupa modul, anda tidak perlu menyoldernya, cukup mengganti modul chargingnya saja. Seperti pada video di bawah ini :

Ini juga proses penggantian modul charging :

Apabila setelah hard reset, ponsel masih juga tidak bisa di-charge dalam keadaan hidup, maka kita harus memeriksa hardware dari rangkaian charging controller. Banyak kasus yang bisa terjadi di rangkaian charging. Salah satunya adalah kasus di bawah.

Asus zenfone 5 A500cg, dengan kerusakan charging panas. Sebelum kami melakukan service perbaikan, kami test zenfone 5 dengan disambungkan ke charging usb. Beberapa menit kemudian kami dapatkan smartphone panas. selanjutnya Kami perhatikan di tampilan layar, persentase batere malah berkurang, jelas Tidak mengisi sama sekali. Padahal indikator charger jalan. Kemudian kami segera bongkar handphone tersebut. Setelah di bongkar, kami coba sambungkan lagi ke usb charger dengan posisi batere kami pasang. Setelah beberapa menit ada komponen yang panas. Kami segera mencari tahu komponen apakah itu?. Kami lansung membuka diagram system charging asus zenfone 5.

diagram asus zenfone 5

Tidak lama kemudian kami simpulkan bahwa itu adalah ic usb interface. ic tersebut error/rusak menyebabkan berkurangnya ampere pada tegangangan charging.

board asus zenfone 5

Kemudian kami angkat ic nya dengan blower. Kemudian kami cek jalur, ternyata jalur bagus, tidak ada yang short/ground/konslet. Kami ambil ic baru, kami pasangkan ke PCB. Dengan teknik yang baik dan skill yang matang, dengan cepatnya kami mengganti ic, kurang dari 5 menit. Tehnik seperti ini memerlukan trick kusus. Membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan bergabung bersama kami di pelatihan teknisi V-tiga, anda akan mengetahui cara-cara tersebut. Trik – trik Menganalisa dan melakukan replacement ic dengan cepat dan tepat. Kemudian kita lanjutkan lagi ke pengetesan/test quality dari hasil pergantian ic. Pasang batere, sambungkan ke USB charge tunggu 5 menit. Hasilny tidak ada yang panas…..suhu normal. Lanjut ke pemasangan casing, kemudian test kembali sambung ke USB charger. Tunggu beberapa menit persentase indikator batere pada layar bertambah. Sukses, repair berhasil…!!!.

Berikut Video Perbaikan Charging Asus Zenfone Go

Cara Memperbaiki masalah Charging pada hp lainnya :

Selamat mencoba

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat