Layar Laptop Blank mati mesin nyala
Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup
March 11, 2017
FLASHING QWARE 10
March 11, 2017

Ciri Ciri LCD HP Rusak

Sebagai komponen dari ponsel yang berfungsi sebagai interface, tentu peran LCD sangat penting untuk menampilkan gambar, informasi, status dan lain-lainnya. Terbuat dari bahan yang sangat mudah pecah, ternyata LCD sangat rentan rusak.
Umumnya kerusakan LCD disebabkan oleh singgungan fisik, jatuh, atau terkena benturan keras. Namun bisa saja kerusakan LCD disebabkan oleh hal lain seperti, korosi (berkarat), konslet (biasanya karena terendam air), atau bisa saja karena pemakaian yang ekstrim dalam waktu lama (brightness yang diatur maksimal memaksa LCD bekerja berat).

Apa Ciri-ciri LCD HP Yang Rusak ?

⦁ Pecah atau retak

Figure 1 LCD pecah

Jika LCD dalam kondisi ini, tidak ada cara lain, harus diganti. Umumnya ini disebabkan oleh benturan fisik yang cukup keras.

⦁ Bergaris atau memiliki titik hitam.

Figure 2 LCD bergaris

Kerusakan yang ini pun solusinya harus mengganti LCD. Umumnya disebabkan oleh cacat produksi atau benturan yang tidak terlalu keras.

⦁ LCD terbakar (burn in)

Figure 3 LCD terbakar

Biasanya terjadi karena ketidaksempurnaan produk akibat pemakaian yang ekstrim seperti brightness level yang selalu diatur maskimal dalam pemakaian yang lama dan mode selalu nyala (always on). Pemakaian yang seperti ini akan memperpendek usia LCD ponsel.
Ciri kerusakan ini, pada layar terdapat area yang agak redup warnaya (biasanya pada area yang terlalu dipaksa bekerja keras)

⦁ Blank total (tidak ada tampilan sama sekali)

Saat layar ponsel kosong sama sekali, tidak menampilkan apa-apa, LCD belum tentu rusak. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. mungkin saja, ponsel ternyata mati-total, sehingga layar tidak tampil. Atau bisa juga konektor/jalur penghubung LCD dengan rangkaian PCB ponsel terputus.

Figure LCD beserta Konektornya

Apabila ada satu jalur penghubung saja yang putus, LCD akan tidak bisa menampilkan gambar. Kemungkinan lainnya, LCD memang sudah rusak.

Bagaimana cara Memperbaiki LCD hp Yang Rusak ?

Yang biasa dan sering dilakukan oleh para teknisi hp ketika menghadapi lcd hp yang rusak adalah dengan melakukan penggantian LCD itu sendiri. Apakah sulit ? Apakah memerlukan jasa teknisi ? Kemana harus pergi? Kali ini kita bahas trik serta caranya agar anda yang membaca artikel VTiga kursus kali ini mendapat manfaat dengan bisa mengerjakannya sendiri tanpa perlu membawa ke service center.

I. Reset LCD

Ada beberapa tipe smartphone yang bisa kita reset dengan menggunakan software tertentu. Salah satunya adalah Blackberry. Berikut langkahnya:

Kali ini yang menjadi percobaan adalah BlackBerry Gemini 8520.

Pertama tama Install “8520wifiM_PBr5.0.0_rel1788_PL5.2.0.110_A5.0.0.1075_LEAKED”

bb#1

Proses instalasi berlangsung. Klik Next

bb2

Lakukan flashing blackberry via Loader

bb3

Tanda bahwa proses flashing selesai.

bb4

Seusai proses flashing , berikutnya jalankan software reset LCD

bb5

Jika proses selesai, kita bisa melakukan downgrade ataupun upgrade ke versi apapun tanpa takut LCD kembali blank.

bb6

II. LCD Bermasalah

Memang hampir kebanyakan dari masalah lcd, entah itu pecah, retak, blank sekalipun berawal dari LCD yang bermasalah. Dan langkah mudah, pasti dan cepatnya adalah dengan melakukan penggantian. Memang di sini banyak pertimbangannya, dimulai dari mau membeli LCD yang jenis apa, sebab banyak LCD berkwalitas beragam beredar di pasaran. Jadi kita perlu melihat dan meniliknya dengan seksama. Pertimbangkan harga serta kwalitasnya tentunya. Nah selanjutnya setelah itu, kita perlu bisa menggantinya dengan yang normal. Bagaimana cara menggantinya ? Perlukah alat khusus atau perlukah kita memberikannya ke service center ? Lihat coba video bagaimana mengganti LCD berikut ini :

Tidak sulit bukan ? Anda sebenarnya bisa melakukannya sendiri ! Berikut ini adalah beberapa artikel yang dibuat langsung oleh VTiga kursus perbaikan hp dan laptop tentang cara mengganti LCD.

Beberapa artikel tentang Cara mengganti LCD

Cara Mengganti LCD Samsung

Cara Ganti LCD Iphone :

III. Lampu LCD Bermasalah

Ini juga sering terjadi. Sebuah smartphone atau hp yang terlihat bermasalah LCDnya ternyata bukan disebabkan oleh LCD dari layarnya yang rusak, tapi dari rangkaian lampu yang meneranginya yang bermasalah. Jangan sampai ini terjadi, anda keburu membeli LCDnya tapi ternyata bukan LCDnya yang bermasalah. Nah, bagaimana solusinya ? Mari simak penjelasan bagaimana cara perbaikan lampu lcd yang bermasalah :

Kali ini VTiga mengambil contoh di ponsel pintar apple bertipe iphone 5s. Iphone ini mengalami mati lampu. Di manakah masalahnya? Mari simak ulasannya

Pemeriksaannya dimulai dari titik di skema diagram di bawah

Tampak di skema J5 adalah konektor LCD dari iphone 5s. Dari sini kita perlu memastikan masalah ada di lampu ( LCD) ataukah di rangkaian lampu yakni rangkaian IC penghasil tegangan lampu. Pengukuran dilanjutkan di FL24, apakah ada tegangan untuk lampu.

Tegangan tidak ditemukan di titik tersebut, hanya 350mV. Periksa lagi rangkaian penghasil tegangan lampu.

Rangkaian di atas adalah rangkaian untuk menyalakan lampu LCD pada iphone 5s. Jantung dari rangkaian ini adalah U23, sebuah IC step up DC. Namun kita tidak bisa dengan begitu saja memvonis ic ini bermasalah, perlu prosedur khusus. Setelah diperiksa, bisa dipastikan bahwa IC ini bermasalah

Penggantian IC inipun dilakukan, dan ponsel kembali menyala kembali lampunya.

Beberapa artikel tentang perbaikan lampu lcd :

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat