Cara Memperbaiki Laptop Toshiba C40 Mati Total

BYPASS REDMI NOTE 9 TESTED 100%
April 9, 2021
BYPASS ICLOUD IPAD 6 VIA SLIVER 6.0 PADA MAC
April 12, 2021

Halo semua, VTiga Kursus perbaikan hp dan laptop kembali lagi mengulas bagaimana tips serta trik cara perbaikan laptop. Yang kali ini dibahas adalah kasus dari seorang peserta pelatian yang sudah membuka tempat perbaikan laptop di daerah Sumatera Barat. Yuk, simak bagaimana kasusnya !

Laptop yang bermasalah adalah laptop Toshiba C40. Laptop ini mati total menurut dia, namun dia mengalami kendala dalam perbaikannya, sudah beberapa komponen diangkat dan dijumper. Koslet menurut dia! Ada hal hal yang sudah dia kerjakan seperti, adanya koslet diPQ27, nah langsung saja kita bongkar laptopnya.

Setelah dibongkar, PQ1 ternyata sudah dijumper, menandakan adanya koslet di rangkaian Vin. Berikutnya adalah periksa beberapa komponen penting yang sudah dikerjakan oleh dia, Tegangan 3V_S5 tidak ada. Selanjutnya di sinilah kita fokuskan masalah kita

Inilah rangkaian utama yang menghasilkan tegangan tersebut. PQ27 sudah pernah diganti, tapi nihil. Apa yang harus kita kerjakan ? Coba periksa mosfet apakah baik ? Setelah diukur, PQ27 ada masalah, perlu diganti, PQ24 normal. Tapi hasil belum juga ada tegangan +3V di PL4. Berikutnya adalah kita mengukur apakah PU2 normal,  beberapa tegangan di PU2 yang perlu diukur adalah Vin=19Volt, Vref=2Volt, Vreg 3 dan VREG5 tidak normal ! Nah inilah sumber masalahnya !

Selanjutnya adalah mengganti PU2 ini. Dan benar adanya, sehabis diganti, tegangan +3V sudah ada, laptop Kembali normal.

Sebenarnya kalau kita mengerti, kita akan dengan mudah memperbaiki sesuatu termasuk laptop. Mau bisa ? Yuk belajar langsung di VTiga kursus perbaikan hp dan laptop. Sukses untuk Anda

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat