CARA MEMBUKA HP YANG TERKUNCI DENGAN KODE PENGAMAN

Suara Iphone Hilang
September 22, 2017
HP Xiaomi Mati Sendiri
September 22, 2017

CARA MEMBUKA HP YANG TERKUNCI DENGAN KODE PENGAMAN

Berurusan dengan password pasti memusingkan, apalagi yang terlupa adalah  kode pengaman HP kesayangan. Bukan hanya komunikasi jadi terhambat, semua data penting baik itu foto, video dll bisa hilang tak berbekas. Jika memang sudah terlanjur lupa, bagaimana cara kita membuka HP yang terkunci tadi?

Seiring dengan perkembangan sistem operasi pada smarthone, faktor keamanan menjadi lebih penting. Semua pabrikan HP berlomba-lomba mengunggulkan dirinya paling aman, tidak bisa dijebol oleh pihak-pihak jahil yang hendak mencuri data pengguna smartphone-nya. Kita bisa lihat, saat ini ponsel hanya bisa dibuka oleh pemiliknya atau orang yang dipercayainya. Jika ada orang asing yang hendak mengakses HP tersebut, secara otomatis, akan diminta kode pengaman, atau pola rahasia, sidik jari, bahkan pindai retina mata yang harus sama dengan si pemilik. Singkatnya, jika bukan pemiliknya, HP tidak bisa dibuka, alias terkunci.

Namun keamanan yang begitu rapat ini seringkali menjadi senjata yang melukai tuannya sendiri, apabila si empunya HP lupa kode pengaman atau password-nya sendiri. Alih-alih data ponsel aman dari tindakan pencurian, sekarang HP malah tidak bisa dipakai.

Jika menmang sudah terlanjur lupa, bagaimana cara kita membuka HP yang terkunci  dengan kode pengaman tadi?

Forgot Password

Kunci dari semua permasalahan di atas adalah, si pemilik ponsel harus mengingat alamat email dan password dari akun yang aktif di HP tersebut. Email inilah yang diisi oleh pemilik saat mendaftarkan akunnya saat HP pertama kali dinyalakan. Jika email ini masih diingat, beruntunglah dia, semua data tidak akan hilang sedikitpun, kita tinggal menggunakan email dan password sebagai sarana membuka kunci kode pengaman. Cara yang tersedia pun banyak, namun pada dasarnya, saat diminta kode atau menggambar pola atau sidik jari dll, kita harus mencobanya berulang kali sampai batas yang diperbolehkan.  Setelah melewati batas yang sudah ditetapkan, akan muncul menu bantuan yaitu kita diminta untuk menunggu selama beberapa saat. Lihat gambar di bawah:

Setelah klik ok, akan muncul layar baru pada ponsel, dan sebuah menu bantuan yaitu “ Forgot Pattern”. Klik tombol tersebut, dan

Kemudian isi alat email dan password akun anda pada ponsel tersebut.

Setelah diisi, anda tinggal melanjutkan instruksi yang ada untuk membuka ponsel anda.

Selain dengan cara di atas, ,masih ada alternatif cara yang lain, misalnya jika anda menggungakan ponsel Samsung, anda bisa masuk ke website : https://findmymobile.samsung.com/?p=home

Setelah anda login menggunakan email dan password Samsung Account di ponsel anda, anda bisa melakukan banyak hal, diantarnya adalah membuka ponsel anda yang sudah terkunci

Masalah HP terkunci karena kode pengaman atau kunci pola atau sidik jari dll pun selesai.

Bagaimana jika anda tidak bisa mengingat email dan password akun anda? Mau tidak mau, ponsel harus direset ke pengaturan awal. Langkah ini sering disebut dengan Hard reset.  Kelemahan dari langkah ini, semua data-data yang tersimpan di memory internal ponsel akan terhapus.  Bagaimana caranya? Silahkan simak beberapa link berikut:

Untuk beberapa kasus, kunci yang aktif pada ponsel tidak bisa dipecahkan dengan hanya melakukan hard reset. Setelah proses hard reset, ponsel masih terkunci juga. Inilah yang disebut dengan Factory Reset Protection, suatu jenis tingkat pengamanan yang lebih tinggi dari yang sudah-sudah. Pada Samsung kita sering mendengar istilah Reactivation Lock, atau di Xiaomi kita mengenal Micloud locked, iCloud lock di Apple, dll. Secara teori, untuk membuka kuncian ini, kita harus terhubung ke server pabrikan ponsel tersebut, lalu mengisi email dan password yang sudah didaftarkan.  Kalau emailnya lupa bagaimana?

Cara membukanya? Silahkan simak beberapa cara berikut:

Selamat mencoba..

Bagikan artikel ini jika bermanfaat……….

Ikuti Kami dan Bagikan

Comments are closed.

YouTube
YouTube
Instagram
Follow by Email
WhatsApp chat