fbpx

USB PORT DI LAPTOP TIDAK BERFUNGSI? INI CARA ANALISA DAN PERBAIKANNYA

LANGKAH MUDAH BYPASS REDMI 5 PLUS
November 25, 2019
FIX IMEI SAMSUNG MENGGUNAKAN Z3X BOX
November 29, 2019

                Laptop Acer ini mengalami kerusakan pada port USB 2.0-nya dimana setiap flash disk ataupun apapun  yang dipasang ke USB port ini pasti tidak akan terbaca di Windows. Sebenarnya kerusakan seperti ini tidaklah aneh. Sering dan lumrah terjadi mengingat frekuensi pemakaian usb port yang masih tinggi. Banyak perangkat yang harus terhubung dengan port usb ini, mulai dari flashdisk hingga alat alat pheripheral eksternal yang membutuhkan koneksi dari port USB ini.  Dan ada lagi satu hal yang membuat semakin runyamnya dan rentan rusaknya port USB ini adalah faktor pemakai yang kerap menggunakan port ini dengan tidak sewajarnya, terlalu dipaksakan, bahkan terkadang dalam posisi yang salah.

                Biasanya yang terjadi adalah port fisik dari USB ini bermasalah atau rusak, tapi ada beberapa kasus juga di mana bukan kerusakan dari port fisik dari USB ini sendiri, bisa jadi dari jalur ataupun ICnya. Nah bagaimana cara memperbaiki USB Port di laptop tidak berfungsi ? Ini cara analisa dan perbaikannya. Mari simak ulasan VTiga kursus perbaikan laptop dan smartphone berikut ini.

                Sebenarnya ada satu cara sederhana dalam menilai konektor USB bermasalah atau tidak, yakni dengan merasakan apakah ketika masuknya USB, konektor mencengkram dengan baik. Kita bisa merasakannya ketika memasukkan alat di USB tersebut. Goyang kiri dan kanan secara perlahan, dan rasakan apakah konektornya longgar, tidak mencengkram dengan baik. Jika iya, anda bisa lihat secara tampak fisiknya.

Apabila USB port tampak seperti gambar di atas maka port tersebut harus diganti.  Tampak memang secara fisik sebuah port yang rusak.

Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Follow by Email33
WhatsApp chat