fbpx

Cara Memperbaiki HP Mati Total

FIX IMEI SAMSUNG MENGGUNAKAN Z3X BOX
November 29, 2019
SOFTWARE HP ANDA BERMASALAH ? APA ITU BOOTLOOP, PENYEBAB DAN BAGAIMANA CARA PERBAIKANNYA?
December 2, 2019

Handphone adalah satu barang yang terus menemani kita sepanjang hari. Bukan rahasia lagi bahwa keberadaan handphone kini dirasakan sangat dan sangat penting. Tak jarang kita akan menjadi linglung ketika smartphone tertinggal atau tak berada di genggaman kita. Ya, itulah fenomena kehidupan sosial kita di era sekarang ini. Sebab handphone sekarang ini sudah berubah fungsinya bukan hanya sekedar telepon saja, sudah jauh lebih pintar dan sangat bisa membantu kehidupan keseharian kita manusia.

Apa jadinya jika hp kita mati total ? Jika pertanyaan ini ditanyakan ke diri kita, pasti hampir semua merasa sangat kehilangan “pacar” digital kita yang satu ini. Kita akan berusaha mati matian agar bisa menyalakan kembali hp kita yang mati ini bukan ? Pertanyaannya adalah bagaimana caranya ? Bagaimana cara memperbaiki hp mati total ? Apakah kita harus membawanya ke tempat servis ? Atau bisakah kita memperbaikinya sendiri ? Berapa biayanya ? Ke mana saya harus berkonsultasi ? Seberapa mahal ? Apanya yang rusak ? Proses penggantiannya berapa lama ? Bagaimana sih caranya ? Kali ini VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan membahas bagaimana cara memperbaiki hp mati total dengan bahasa yang sederhana dan contoh contoh yang semoga bisa dimengerti. Yuk simak ulasan VTiga berikut ini.

Penyebab HP Mati Total

I. SUMBER DAYA BERMASALAH

Sebuah smartphone ataupun handphone tentu memerlukan energi atau lebih dikenal dengan istilah listrik. Ya, semuapun tahu bahwa sumber listrik yang dibutuhkan oleh sebuah smartphone adalah batere. Batere dalam sebuah smartphone ibarat nyawa mahluk hidup. Batere penuh, nyawa penuh. Tapi kalau batere habis, habislah sudah nyawanya. Oleh karena itu sangat penting keberadaan batere dan rangkaian untuk pengisian kembali sebuah batere dalam smartphone.

Dalam smartphone, yang sering terjadi seputar kerusakan mati total antara lain batere bermasalah, rangkaian charging batere bermasalah, dan adanya rangkaian yang bermasalah di sekitar rangkaian batere.

Jadi langkah pertama anda adalah periksa apakah sumber daya atau batere anda ada masalah ! Bagaimana caranya ? VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop sering membahas bagaimana cara mengecek serta mengganti batere pada smartphone.

A. Kerusakan seputar batere :

1. Pada Handphone Sony M4

Berikut cara mengganti batere Hp Sony M4 !

  • Siapkan blower, beri suhu kurang lebih 100 derajat, arahkan mata blower ke kasing belakang ponsel.

  • Sesudah di beri blower, gunakan alat pencabut LCD dan touchscreen, tempelkan pada bagian tengan kasing ponsel, kemudian tarik perlahan.

 

  • Gunakan spatula, untuk membantu pencabutan kasing belakang dengan cara mencungkil sisi demi sisinya.

 

  • Jika proses, pengangkatan kasing belakang sudah berhasil, langkah selanjutnya ialah melepaskan laban hitam yang menutupi konektor batere,

 

  • Setelah itu, lepaskan konektor batere.

 

  • Eksekusi selanjutnya setelah konektor batere di lepaskan, yaitu melepaskan batere.

 

  • Jika batere yang rusak sudah di angkat, lakukan pemasangan kembali batere yang bagus atau normal.

 2. Pada Iphone 6 Plus

Pertama buka baut ponselnya

Posisi baut ada di bagian bawah ponsel, di daerah konektor charge.

Langkah berikutnya adalah kita harus pisahkan bagian LCD dengan bagian casing belakang. Perlu hati hati untuk melakukannya. Bisa gunakan kuku, ataupun alat lain yang tidak tajam supaya tidak terjadi kerusakan pada casingnya. Atau bisa juga kita gunakan alat pembuka casing.

Nah buka sampai seperti ini !

Begitu dibuka, akan tampaklah baterainya

Jika sudah seperti ini, tinggal sedikit lagi kita bisa mengganti baterainya. Buka saja baterainya, ada sebuah socket yang perlu kita cungkil

Berikutnya adalah mengangkat baterainya. Baterainya dilem di bagian belakangnya. Jadi perlu diangkat dengan agak dipaksa.

Nah ini penampakan baterainya

Balik bagian punggung ponsel, buka dengan alat yang tidak melukai casing seperti kuku atau alat buka casing

Buka Bautnya

Setelah baut dilepas semua

Proses melepas casing belakangnya kita gunakan alat pencungkil casing

Mulailah kita melepas beberapa konektor yang terdapat di dalam board. Ini adalah konektor batere

Selanjutnya lepas konektor ke dua. Yakni bagian yang menghubungkan konektor charging.

Proses terakhir adalah melepas baterainya

Inilah penampakan baterai LG G Flex 2

Selanjutnya adalah kita perlu gunakan alat pencungkil

Cungkil dengan alat di atas dengan hati hati

Setelah berhasil dilepas

Lepaskan terlebih dulu konektor baterenya

Lepas konektor fleksibel sebelah kanan

Lepas konektor fleksibel kiri

Ada baut yang untuk penjepit batere, lepas !

Jika sudah, kita bisa angkat modul baterenya perlahan lahan

Modul batere yang sudah terlepas

Nah tinggal anda beli baterenya, lalu pasang kembali.

II. Software Bermasalah

Salah satu cara memperbaiki hp mati total adalah dengan memperbaiki bagian softwarenya. Ya, ada hubungan erat antara software dengan sebuah smartphone. Software atau perangkat lunak adalah sebuah rangkaian program yang harus dijalankan oleh CPU sebuah smartphone. Apa jadinya jika perintahnya saja kacau balau. Jangankan menyala, smartphone akan mengulang hal hal yang sama dan salah, bahkan bisa menyebabkan kerusakan mati total. Solusinya ? Kita perbaiki softwarenya. Bagaimana caranya ? Cara termudah dan termurah yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan proses flashing.

Proses flashing adalah sebuah proses pengisian kembali software yang ada di dalam IC program sebuah smartphone. IC program ini sering disebut dengan istilah Nand Flash pada apple, dan eMMC pada android. Bagaimana cara dan proses flashing ini berjalan ? VTiga kursus perbaikan smartphone sudah sering membuat artikel tentang proses flashing ini. Yuk simak beberapa ulasan proses flashing di bawah ini.

A. Cara Perbaikan Software Samsung

Contoh cara perbaikan software smartphone Samsng GAlaxy mini

Beberapa file yang perlu didownload. Pertama tama download file flashnya yakni “GT – S5570 DXKB1” ,lalu extract (bisa di download di http://www.sammobile.com/firmwares/)

galaxy mini #1

Sebelumnya kita harus menginstall dan mendownload beberapa tool diantaranya:

  • Odin Multi Downloader
  • File ops TASS 1.0 di http://www.4shared.com/file/zeHujFHH/TASS_v10.html
  • Driver Samsung Galaxy KIES

Sebelum memulai flashing kita bisa melakukan backup data dengan menggunakan KIES

Matikan handphone terlebih dulu. Kemudian masuk ke downloading mode dengan cara tekan dan tahan tombol volume down + home + power  secara bersamaan.

galaxy mini #2

Berikutnya jalankan Odin dan sambungkan handphone dengan kabel data.  Lihat di kolom COM port mapping. Jika tersambung akan terdeteksi di com berapa.

galaxy mini #3
Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Follow by Email33
WhatsApp chat