Lakukan Langkah Ini Jika Layar Laptop Hitam !

CARA BACKUP dan MENGISI FILE DUMP eMMC SONY C1905
June 24, 2019
Cara Membuka Pola Kunci Oppo A3S Yang Lupa
June 26, 2019

Layar Laptop Hitam ? Ini penyakit “klasik” yang kerap ditemui di sebuah laptop. Kenapa begitu ? Karena memang di lapangan, dan di tempat reparasi laptop, penyakit layer laptop hitam sering sekali ditemukan. Jadi bila anda mengalaminya, jangan panik dulu. Semoga artikel VTiga kursus perbaikan laptop dan hp kali ini bisa membantu anda. Lakukan langkah ini jika layar laptop hitam !

Layar Laptop Hitam

Ketika menghadapi layar laptop hitam, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan apakah laptop masih berfungsi atau tidak. Apakah fungsi dari laptop seperti bunyi, capslock, dan lampu lainnya bekerja atau tidak. Ada kemungkinan pertama yakni layar laptop hitam disebabkan oleh matinya mesin atau motherboard. Gejalanya mudah saja, ketika kita tekan saklar, tidak ada reaksi lampu menyala, lalu tidak ada juga tanda tanda kipas bekerja, serta tak adanya bunyi apapun yang timbul layaknya sebuah laptop normal bekerja. Yang jenis ini, kita sebut dengan istilah mati total. Ada beberapa referensi artikel yang bisa anda baca untuk menambah wawasan anda.

Cara Memperbaiki layar laptop Hitam

Berikutnya adalah jika laptop menyala normal,  kita perlu pastikan lagi apakah yang bermasalah di bagian LCDnya ataukah hanya bagian Lampu Lcdnya. Ya benar, kita harus bisa membedakan hitam karena lampu atau hitam karena lcdnya tidak bekerja. Lihat dan perhatikan baik baik, apakah lampu menyala, ada perubahan lampu di saat kita menekan tombol. Bisa anda coba di tempat yang gelap supaya mudah. Atau bisa juga dengan melihat dengan senter, seperti laptop HM40-MV ini yang

mengalami kerusakan pada lampu LCD. Bila diterangi dengan lampu bagian LCD-nya akan kelihatan tulisan.

Cara Memperbaiki Layar Laptop Hitam

Setelah laptop dibongkar, maka langkah selanjutnya adalah mengukur tegangan kerja untuk lampu LCD dengan nama jalur PWR_INVERTER. Ini bisa diukur di konektor LCD1 kaki ke-18,19 dan 20 sebesar 19V.

Ternyata ada tegangan sebesar 19V di konektor LCD1 kaki ke-18, 19 dan20.

Langkah berikutnya adalah mengukur tegangan On/Off untuk lampu LCD dengan nama jalur BLON_OUT_1. Ini bias diukur di konektor LCD1 kaki ke-13 sebesar 3,3V.

Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email12
WhatsApp chat