Laptop Mati Lampu Indikator juga Mati, Bagaimana Caranya ?

Laptop Mati Lampu Indikator juga Mati

Ada satu indikator yang perlu kita cermati ketika sebuah laptop mati total, yakni indikator lampu. Indikator lampu adalah lampu yang menyala ketika sebuah laptop dinyalakan atau dicolokkan charger. Sebenarnya ada arti yang sangat vital ketika sebuah lampu menyala. Tapi sayangnya tidak seragam untuk semua laptop. Bahkan jumlah lampunya saja berbeda beda setiap laptop. Nah, sebagai seorang pemakai, kita harus paham tentang arti lampu indikator laptop kita. Apalagi kalau kita sebagai seorang teknisi. Kita harus lebih menyelami dan mendalami makna dari sebuah nyalanya lampu indikator.

Seperti halnya kasus laptop mati, lampu indikator juga mati, bagaimana caranya? Kasus ini pasti sering ditemui oleh para teknisi maupun para pemakai. Nah bagaimana cara menganganinya  kali ini VTiga kursus perbaikan hp dan laptop akan membahasnya.

Seperti kasus berikut ini, Laptop hp 15-ac151 ini mengalami kerusakan mati total. Ini bisa diketahui dari lampu indikator juga mati. Inilah kasus laptop mati lampu indikator mati juga.

Setelah dibongkar dan diperiksa, ternyata tidak ada tegangan yang keluar dari kaki ‘S’ PQ202 sementara dikaki ‘D’ PQ202 ada tegangan yang masuk. PQ202 merupakan mosfet N-Channel. Untuk menghubungkan tegangan dari kaki ‘D’ ke kaki ‘S’ diperlukan tegangan positif dikaki ‘G’. Sementara dikaki ‘G’ setelah diukur tidak ada tegangan.

Sebelum melakukan tindakan yang lain, ada baiknya sensor charging diperiksa terlebih dahulu apakah korslet atau tidak? Ini bisa diperiksa di PR203 dengan cara diberi tegangan sebesar 19V dikaki PR203.

Setelah diberi tegangan sebesar 19V dikaki PR203, ampere meter pada power supply tidak naik tinggi. Ini berarti rangkaian sesudah PR203 sepertinya tidak ada masalah

Laptop matot, Indikator lampu mati

Tindakan selanjutnya adalah lepaskan/cabut PQ202.

Ikuti Kami dan Bagikan
0
cara perbaikan laptop matot indikator matiLaptop Mati Lampu Indikator juga Matilaptop matot indikator juga mati