Kenapa Laptop Tiba2 Mati Dan Bagaimana Cara Perbaikannya

Bagaimana Cara Bypass FRP Hp android Vivo Y81 Tanpa Box
May 4, 2019
Cara Memperbaiki Iphone 6s Mati Total
May 6, 2019

Kenapa Laptop Tiba2 Mati Dan Bagaimana Cara Perbaikannya

Jika anda pemilik laptop dan tiba tiba laptop anda mati. Apa yang akan anda lakukan ? Memperbaiki sendiri ? Atau membawa ke Service center? Artikel kali ini dibuat oleh VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop untuk anda yang sedang mengalami ini. Semoga bisa bermanfaat !

Sebelum memeriksa, mari kita samakan dulu definisi dari matinya laptop. Matinya laptop kita sepakati adalah ketika kita nyalakan, laptop tidak ada reaksi sama sekali, baik lampu maupun kipasnya.

Kenapa laptop tiba2 ( tiba-tiba) mati ?

  1. Baterai.

Faktor utama yang anda harus curigai adalah baterai laptopnya ! Coba ganti baterainya. Atau jika anda punya chargernya, nyalakan tanpa baterai. Hanya charger saja. Umumnya laptop bisa dinyalakan tanpa baterai, hanya mengandalkan chargernya.

2. RAM

Nah, kasus pada ram atau memory sementara merupakan kasus yang cukup banyak juga. Ada beberapa tipe laptop yang jika ram bermasalah mengeluarkan tanda tanda tertentu, seperti bunyi tertentu. Tapi banyak juga yang tidak ada tanda apapun.

Yang kerap terjadi adalah RAM kotor sehingga bad connect. Solusinya adalah dengan membersihkan RAM dengan alat perbersih seperti penghapus.

3. Penyebab ke tiga adalah masalah panasnya chipset.

Panasnya chipset khususnya CPU adalah masalah klasik pada sebuah laptop. Tapi memang sebuah laptop sudah dirancang dengan system pendinginan yang sedemikian rupa dibuat untuk mendinginkan chipset maupun cpu secara maksimal. Namun karena factor kotor, membuat aliran angin terhambat. Yang ada adalah cpu menjadi overheat. Dan proteksi bekerja mematikan laptop.

Jika hal ini tidak diperhatikan secara serius, yang ada adalah chipset menjadi rusak. Terlalu panas dan dipaksakan adalah penyebabnya.

4. Motherboard

Kerusakan inilah yang paling tidak disukai oleh para teknisi ataupun para pemakai. Karena perbaikannya cukup rumit dan membutuhkan skill khusus. Seperti kasus berikut ini yang dialami oleh seorang peserta pelatihan perbaikan laptop VTiga. Dia membawa laptop bermerk HP 6910P yang tiba tiba mati total. Menurut dia, pemakaian laptop tidak terlalu berlebihan, alias masih wajar. Tapi tiba tiba, ketika sedang dipakai laptop mati.

Selanjutnya di VTiga kita periksa arus serta kondisinya. Didapatlah bahwa adanya ketidaknormalan pada arus laptop ini. Arusnya tinggi sekali !

Bisa disimpulkan bahwa, Laptop HP 6910P ini mengalami kerusakan korslet. Bisa dilihat dari gambar di atas. Dengan cara sederhana sekali, sang muridpun akhirnya menemukan bahwa ada komponen yang koslet yaitu PQ4.

IC PQ4 merupakan IC yang terletak di jalur tegangan adapter. 

Setelah diangkat dan diperiksa ternyata PQ4 rusak karena kaki S(1,2,3) terhubung dengan kaki D(5,6,7,8).

Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email
WhatsApp chat