Kenapa Laptop Tiba Tiba Mati-Total

Trik Ganti LCD Samsung A5
May 11, 2019
Kenapa HP Tidak Terdeteksi Di Komputer ?
May 14, 2019

Ada beberapa gejala yang kerap muncul di laptop yang sudah berumur. Diantaranya adalah laptop tiba-tiba mati total. Ini biasa terjadi disertai dengan tanda tanda yang harusnya si pemakai mengenalnya . Dengan itulah sebenarnya kita bisa menganalisa di mana letak masalahnya. VTiga kursus perbaikan laptop dan handphone kali ini akan membahas kenapa laptop tiba tiba mati total. Ada beberapah factor yang harus kita perhatikan

Baca juga :

1.Penyebab yang sering terjadi adalah rusaknya sumber energi alias baterai dan charger.

Pastikan dulu masalah bukan pada hal ini, Mudah sekali ! Solusinya hanya memastikan batere ataupun charger tidak bermasalah.

2. Sistem pengisian batere bermasalah

Nah ini juga bisa terjadi. Batere dan charger bagus, tapi tetap tidak menyala, kita harus curiga apakah sewaktu melakukan pengisian, baterai bisa terisi ? Sebab sering kali pengisian batere gagal terjadi karena system pengisian sudah bermasalah alias rusak.

3. Bios

Bios bermasalah juga bisa menyebabkan laptop tiba tiba mati total. Solusinya adalah kita program lagi biosnya.

4. Motherboard Bermasalah

Motherboard adalah tempat rangkaian laptop berada. Banyak komponen serta chipset di sana. Dan di sana pulalah yang memungkinkan terjadinya laptop mati total. Bagaimana cara menentukan komponen manakah yang bermasalah ? Di VTiga kursuslah kita akan diajarkan bagaimana Analisa kerusakan kerusakan laptop secara mudah. Seperti kasus berikut yang terjadi pada Acer one 14 yang dibawa oleh salah seorang peserta pelatihan VTiga. Dia membawa laptop ini karena mati total. Yuk simak langkah langkahnya !

Setelah diperiksa dengan PSU ternyata laptop Acer ONE 14 ada koslet sewaktu  tegangan adapter dicolok. Dimana, setelah voltmeter dinaikin ke posisi 2.1V, amperemeter naik menjadi 1.85A.

Untuk melakukan pemeriksaan maka laptop harus dibongkar.

  • Lepaskan baut casing belakang
  • Lepaskan CD-ROM, dan lepas casing belakangnya
Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email
WhatsApp chat