Kenapa Dan Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Mati Mendadak

Penyebab Layar HP Berkedip
April 26, 2019
Penyebab Layar HP Berkedip
May 2, 2019

Kenapa Dan Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Mati Mendadak

Pernah anda mengalami laptop mati mendadak ? Laptop mati mendadak banyak sekali penyebabnya. Karena kalua kita ingat, bahwa sebuah system yang terdiri dari processor serta komponen chipset penunjangnya. Jadi bila sebuah system laptop mati mendadak, banyak sekali penyebabnya. Tapi jangan panik dulu, ada hal hal yang praktis dan sering terjadi yang boleh anda coba lakukan terlebih dulu.

Kali ini VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan berbagi kenapa dan bagaimana cara mengatasi laptop mati mendadak. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Kenapa laptop mati mendadak ? Yang paling sering terjadi adalah masalah sumber powernya.

 Jika anda menggunakan baterai, coba hubungkan dengan charger. Dan lihat lagi apakah laptop sudah menyala. Atau kalau anda menggunakan charger sebagai sumber tegangan, maka coba ganti charger anda. Pastikan charger anda tidak bermasalah tentunya.

Kalau bukan dari masalah sumber tegangan, yang bisa membuat laptop anda mati mendadak adalah system pengamanan. Biasanya ada sensor suhu yang akan mencegah sebuah processor atau komponen yang rentan rusak alias panas terjadi. Dan biasanya yang panas adalah processornya !

Anda bisa melakukannya sendiri. Periksa apakah sesaat sebelum mati, si laptop panas? Atau apakah kipas laptop berputar? Jika berputar, periksa lagi anginnya apakah ada angina keluar ? Sebab inilah penyebab paling umum terjadi jika laptop tiba tiba mati. Yang paling sering terjadi adalah karena debu yang masuk ke system pendingin, menyebabkan terhambatnya aliran angin, dan suhu processor menjadi tinggi. Solusinya dalah bersihkan kipas pendingin laptopnya !

Faktor ke tiga adalah masalah pada RAM. Ya, ram yang kotor, atau RAM yang rusak bisa menjadi penyebab laptop mati mendadak. Untuk itu, kita perlu melepas RAM, coba bersihkan dulu. Kalau memang masih sama, coba ganti dengan ram yang dipastikan normal.

Nah, kalau semua sudah dilakukan dan hasilnya nihil, mau tak mau kita periksa rangkaian motherboardnya. Ini agak rumit, karena sebuah motherboard terdiri dari rangkaian elektronik yang cukup ngejelimet. Yuk, coba kita simak bagaimana VTiga kursus perbaikan laptop memperbaiki sebuah laptop Toshiba Satellite A105(SA10) yang mati mendadak.

Pertama periksa tegangan yang masuk dari adapter ada atau tidak. Ini bisa diukur di Q519. Hasil pengukuran dikaki Q519 adalah Souce = 18.5V, Drain = 0V dan Gate = 18.5V.

Mosfet Q519 merupakan jenis P-channel, jika tegangan dikaki Gate = 18.5V maka tegangan dari kaki Source tidak bisa menuju ke kaki Drain.

Tegangan di kaki Gate Q519 diatur oleh IC U511 kaki ke-2 dengan nama ACDRV#   

Tegangan ACDRV#  dipicu oleh ACDET. Tegangan ACDET pada IC U511 kaki ke-5 ini datang dari tegangan +VADPTR.

Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email
WhatsApp chat