BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI LAPTOP ACER YANG HIDUP LALU MATI LAGI

Cara Bypass Akun Google Oppo Tanpa Box
May 15, 2019
APA ITU ANTI ROLLBACK? DAN BAGAIMANA CARA MENGETAHUINYA
May 18, 2019

BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI LAPTOP ACER YANG HIDUP LALU MATI LAGI

Kerusakan laptop memang banyak sekali jenisnya. Dari yang simple sampai yang rumit. Dari yang mudah diselesaikan sampai yang tak kunjung selesai diperbaiki. Nah ada satu kasus yang kebetulan dihadapi oleh seorang peserta pelatihan di VTiga kursus perbaikan laptop, yakni laptop hidup lalu mati lagi. Untuk kasus seperti ini, bagaimanakah cara penanganannya ?

Lihat juga :

Yang dihadapi oleh sang murid adalah laptop bermerk Acer Aspire 4741. Laptop ini sewaktu dinyalakan  hidup lalu beberapa saat kemudian mati lagi. Maka yang pertama kali kita periksa adalah

  • Periksa Sistem powernya.

Periksalah batere ataupun power supplynya. Bisa jadi masalah ada di sana ! Ya benar sekali, karena system power yang bermasalah bisa sekali mengakibatkan laptop hidup lalu mati lagi. Tapi pada kasus ini, bukan masalah pada system powernya

  • Lepaskan asesoris ataupun perangkat yang terhubung di laptop.

Kerusakan pada salah satu piranti tambahan, bisa sekali mengakibatkan seperti itu. Yang umum terjadi adalah masalah pada harddisk.

Dengan melepas piranti piranti yang terhubung dengan motherboard seperti harddisk, modul wifi, modul Bluetooth usb, dan lainnya kita bisa memastikan apakah motherboard masih nyala lalu mati lagi.

  • Bios

Kerusakan pada bios bisa saja terjadi. Dan gejalanya bisa seperti ini. Jadi boleh kita program ulang terlebih dulu

  • Kerusakan pada motherboard

Untuk melacak kerusakan pada motherboard, kita perlu melepas motherboardnya, lalu kita periksa langsung dengan menggunakan power supply.  Seperti pada kasus Acer 4741 ini, pada saat hidup ada ic yang tidak normal menyalanya  yaitu U14. Di mana IC U14 merupakan IC Power yang menghasilkan tegangan 1D8V_S0 dengan model RT9025.

Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email5
WhatsApp chat