Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Penyebab HP Mati Mendadak
April 23, 2019
BAGAIMANA CARA UNLOCK BOOTLOADER DAN FLASH REDMI 5 PLUS
April 24, 2019

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Pernahkah anda mengalami laptop yang sedang anda pakai tiba tiba mati sendiri ? Ataukah anda sedang memperbaiki laptop pelanggan anda yang tiba tiba mati sendiri? Yang agak sering terjadi  adalah laptop masih dalam keadaan normal, dan langsung mati, tapi ketika kita nyalakan kembali masih bisa.  Ini boleh jadi adalah masalah klasik yang kerap terjadi di semua laptop. Nah apa saja kemungkinan kerusakannya ? Vtiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan berbagi tips serta caranya berikut ini.

Kasus yang dialami kali ini adalah pada Compaq 510 yang suka mati sendiri. Bagaimanakah caranya?

Pertama adalah periksa apakah suhunya bermasalah. Cek suhunya ! Pegang saja laptopnya. Apakah panas? Biasanya masalah suhu disebabkan oleh masalah pada pendinginan laptop. Tidak jauh dari seputar aliran angin, kipas, serta cairan pendingin.

Kedua adalah masalah pada RAM. Ram yang rusak bisa juga mengakibatkan laptop mati sendiri. Solusinya coba ganti dulu ram yang ada dengan ram yang normal. Berikut link tentang cara mengganti RAM pada berbagai merk laptop

Masalah ketiga yang bisa menyebabkan laptop mati sendiri adalah softwarenya, dengan kata lain windowsnya. Biasanya disertai gejala lain, seperti lambat, hang, dan akhirnya mati. Jika memang itu, bisa kita install ulang windowsnya

Keempat adalah BIOS, coba update biosnya. Bios yang bermasalah bisa juga menjadi penyebab laptop mati sendiri. Tapi jangan panik! Semua bisa anda update sendiri.

Kelima adalah masalah hardwarenya. Masalah hardware sangat beragam. Banyak yang bisa menyebabkan laptop suka mati sendiri. Mulai dari IC yang kecil, hingga chipset. Bisa dari komponen yang kecil sampai komponen yang besar pula. Nah bagaimana caranya ? Berikut adalah salah satu penanganan laptop yang suka mati sendiri yang ditangani oleh para peserta didik Vtiga kursus perbaikan smarpthone dan laptop. Yuk simak langkahnya !

Kuncinya adalah pengukuran ! Kita harus ukur sewaktu laptop tersebut mati. Setelah diukur adanya tegangan standby yang seharusnya ada menghilang di saat kondisi mati.  Inilah penyebabnya ! Selanjutnya diperiksa rangkaiannya !

Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email12
WhatsApp chat