Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi 3s Drop

Batere sebuah smartphone boleh dikatakan adalah sumber energi dari sebuah smartphone. Jika ada masalah di baterai, bisa jadi smartphone akan menjadi kacau. Suka mati, drop, mati sendiri, batere cepat habis adalah kerusakan yang umum terjadi terkait baterai yang bermasalah.

Cara Memperbaiki Android Leagoo T1 Mati Total Karena Software

Salah seorang peserta pelatihan VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop datang membawa sebuah kasus yang serupa, dia membawa xiaomi redmi 3s yang bermasalah di baterenya. Batere xiaomi redmi 3s ini drop. Kalau kita isi baterenya, yang ada baterenya menjadi kosong, bukannya terisi. Indikatorpun kacau, kadang sewaktu dinyalakan 90 persen, beberapa saat kemudian drop. Diisi indicator berjalan, tapi anehnya bukan mengisi, tapi batere jadi kosong.

Kali ini VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan berbagi bagaimana cara mengatasi baterai xiaomi redmi 3s drop ini. Analisa pertama adalah kita curigai baterenya. Sumber batere yang bermasalah bisa saja menyebabkan kacaunya indicator batere serta pengisian batere.

Batere ini tampaknya baik, karena setelah digantipun kondisinya masih saja sama. Kita lanjutkan lagi ke pemeriksaan selanjutnya. Kita coba ganti dulu chargernya. Karena charger bisa saja bermasalah. Jangan lupa juga mengganti kabelnya. Ingat, kabel charger juga bisa error. Karena pemakaian yang berulang ulang, sebuah barang elektronik bisa terjadi masalah.

Dan hasilnya adalah bukan dari chargernya. Kita lanjut lagi ke pemeriksaan selanjutnya. Ada sebuah langkah yang harus dicoba dan dikerjakan untuk memperbaiki redmi 3s ini, yakni kita lakukan kalibrasi baterai. Kalibrasi batere adalah untuk menyesuaikan nilai nilai yang akan dicocokkan dengan baterai yang terpasang. Khususnya untuk sebagai tanda indicator, proses charging, dan yang lainnya yang berhubungan dengan batere. Untuk kalibrasi ini, kita install battery calibration apk yang bisa kita download dari Appstore. Mudah sekali bukan ?

Penyebab HP Tidak Bisa Di Charge

Selanjutnya jika masih belum membuahkan hasil, kita perlu menganalisa bagian hardwarenya, seperti pada kasus di atas, kita  bongkar smartphone xiaomi redmi 3s ini.

Ada beberapa kemungkinan, IC yang bisa menyebabkan masalah batere ataupun charger yang rusak. Yang pertama adalah IC ini