Cara Memprogram Ulang Bios Laptop HP

Bios berisi perintah perintah dasar untuk sebuah laptop bisa menyala. Setelah prosedur hardware dijalankan dengan baik, selanjutnya adalah prosedur software supaya sebuah laptop bisa menyala. Terkadang dalam sebuah laptop, ada masalah pada biosnya. Ini bisa menyebabkan sebuah laptop tidak mau menyala sama sekali. Bagaimanakah cara melakukan program ulang bios laptop? VTiga kursus perbaikan laptop kali ini akan membahasnya.

Bagaimana Cara Bongkar Laptop HP

Dalam satu sesi studikasus, selalu saja ada yang membawa laptop yang bermasalah untuk diperbaiki. Kali ini adalah sebuah laptop HP dengan tipe HP 14-r201TX mati dengan ciri tekan saklar lampu Capslock blink 2 kali.

Apa yang dilakukan selanjutnya ? Pemeriksaan dilakukan oleh sang murid sesuai dengan perintah sang guru. Ukur punya ukur, ternyata ada masalah pada bagian BIOS. Langkah selanjutnya periksa syarat kerja dair IC BIOS. Banyak yang diukur. Salah satunya adalah pada  kaki ke-8. Setelah diukur, ternyata ada masalah di kaki ini. Tegangannya hilang ! Untuk memastikan lagi,  IC BIOS harus dicabut lalu diukur kembali tegangan kerjanya. Ternyata setelah dilepas IC BIOSnya dan diukur tegangan di kaki tersebut, bisa dipastikanlah kerusakan ada di IC Biosnya. Ini berarti IC BIOSnya rusak dan harus diganti.

Jika diganti dengan IC BIOS yang baru maka IC BIOS tersebut harus diprogram ulang kembali baru boleh dipasang ke mainiboard. Nah, selanjutnya adalah kita lakukan pelepasan IC untuk diprogram ulang.