Kursus Elektronika
October 4, 2017
CARA SOFTWARE HP
October 4, 2017

LCD HP RUSAK KARENA JATUH

Semakin maju teknologi pembuatan ponsel saat ini, ternyata belum bisa menghasilkan sebuah ponsel yang tahan banting. Mengapa demikian? Ada beberapa penyebabnya.  Diantaranya, bahan pembuat dari komponen penyusun sebuah ponsel ternyata rentan rusak terhadap benturan. Contohnya; LCD, Touch Screen, serta beberapa Chip memang mudah pecah. Penyebab lainnya adalah, banyak sekali jalur penghubung dalam sebuah mainboard ponsel yang sangat halus, jika diberi tekanan atau benturan keras, sangat mungkin menjadi putus.

Dalam pemakaian sehari-hari ponsel bisa saja jatuh, dan ketika jatuh yang paling sering bermasalah adalah bagian LCD-nya. Saat jatuh, akan retak atau pecah. Apabila memang sudah seperti ini kondisinya, tidak ada solusi lainnya, LCD harus diganti.

Proses mengganti LCD yang rusak sebenarnya tidak sulit. Prosedurnya tidak rumit. Mungkin yang sedikit merepotkan ialah ketika kita harus membuka casing-nya secara hati-hati. Jangan sampai ketika proses membuka atau memasang casing, malah menimbulkan masalah baru. Ini seringkali terjadi ketika para teknisi pemula melakukan penggantian LCD pada ponsel iPhone 5 dan sejenisnya. Hanya karena salah memasang baut, tertukar posisi dari atas ke posisi bawah saja bisa menyebabkan ponsel jadi mati total. Mengapa demikian? Karena panjang baut satu dengan yang lain, bisa berbeda. Apa jadinya jika di tempat baut pendek, kita pasang baut yang berukuran panjang? Baut yang panjang tersebut akan menekan PCB yang ada persis di bawahnya, akibatnya jalur pada PCB tersebut putus, bahkan PCB bisa saja retak.

Untuk itu proses mengganti LCD HP yang rusak harus dilakukan secara teliti dan cermat. Lihat contoh berikut sewaktu hendak mengganti LCD di tipe Samsung Galaxy V berikut ini.

Pertama-tama buka penutup casing belakang

Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email
WhatsApp chat