Cara Mengatasi Samsung Mati Total
August 4, 2017
Apa Itu Flasher
August 5, 2017

Perbaikan LCD Iphone 5s

Seorang peserta pelatihan datang dengan membawa pasien dari daerahnya. Memang satu hal lumrah bila para peserta pelatihan yang datang ke VTiga banyak yang dari luar kota. Menuntut ilmu sampai ke negeri Cina, itulah pepatah lama yang masih dipegang oleh mereka. Jauh merantau dengan harapan pulang membawa ilmu yang akan bisa dipakai di daerah mereka. Ilmu bukan sekedar ilmu, tapi ilmu untuk mencari uang.

Di sesi studikasus, itulah tempat dan waktu mereka menggarap kerjaan mereka. Seorang peserta membawa sebuah ponsel pintar bermerek Iphone. Masalahnya aalah tidak ada tampilan di layar. Padahal, layar sudah berkali kali coba diganti. Nihil hasilnya? Dia pun tak menyia-nyiakan kesempatan belajar di VTiga. Dia langsung membawa ponselnya, dan menanyakan ke pengajar bagaimana penyelesaiannya. Mari kita simak cara perbaikannya kali ini.

Kalau sudah berkali-kali diganti LCD, artinya memang bukan masalah di LCD. Pertama kita periksa dulu konektor LCDnya apakah ada korosi, jamur, atau kotoran.

Hasil pengamatan dengan mikroskop menunjukkan konektor lumayan bagus, walau ada beberapa titik yang kurang baik. Pemeriksaan dilanjutkan ke bagian rangkaiannya.

Di cuplikan skema di bawah, bisa kita lihat bahwa terdapat 26 pin. Tapi yang benar benar tampak di konektor adalah 22 pin, karena keempat lainnya dihitung sebagai ground di kedua sisi konektor. Kita lakukan pemeriksaan di bagian konektor ini. Mulai dari jalur  data, control, maupun jalur tegangannya. Tidak sulit sebenarnya mengukur jalur ini, asalkan kita tahu caranya. Banyak teknisi hanya main ganti saja, tidak mengukur ataupun menganalisa jalur seperti yang dilakukan oleh sang murid. Di VTiga inilah mereka mendapatkan car acara serta trik seperti ini. Ini semua diajarkan dalam sebulan.

Hasil pengukuran menunjukkan jalur data maupun jalur control normal adanya. Tapia da masalah di jalur tegangan. Periksa tegangannya dulu!

Ada tiga tegangan yang diperlukan oleh LCD iphone 5s ini. Pertama PN5V7_SAGE_AVDDN, kedua PP5V7_LCM_AVDDH, dan terakhir adalah PP1V8. Dari ketiga tegangan, ada satu tegangan yang hilang, yakni tegangan PP5V7_LCM_AVDDH.

Tegangan yang tidak normal inilah sumber masalahnya, kenapa LCDnya tetap tidak normal. Kita lacak kembali dari manakah asal tegangan ini.

Sumber tegangannya berasal dari U3. Inilah biang keladinya. Setelah dilakukan pemeriksaan di IC U3 ini, diketahuilah bahwa memang IC ini yang bermasalah.

 

 

Solusinya ya tentu lakukan penggantian IC U3 ini. Setelah diganti, LCD kembali menyala. Ingin belajar memperdalam ilmu perbaikan smartphone? Apple? Android? Jangan salah pilih ! VTiga Pusat Pelatihan Teknisi Smartphone.

 

Ikuti Kami dan Bagikan
error0

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Follow by Email16
WhatsApp chat