Samsung Grand Neo No Charging
July 28, 2017
Ganti Saklar Samsung Note Edge
July 29, 2017

Samsung Galaxy S7 Mati Total

Saat mendapati sebuah ponsel yang mati total, banyak sekali yang harus kita periksa. Mulai dari memastikan supply listriknya, firmware, chipset utama dan jalur pun harus dalam keadaan baik. Tentu saja jika semuanya itu harus diperiksa, kita membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, sangat diperlukan sebuah prosedur yang sudah teruji, yang memudahkan kita dalam memeriksa dan menentukan letak kerusakan

Kembali ke kasus yang dibawa si murid tadi, Samsung Galaxy S7  yang mati total tersebut diperiksa pemakaian arusnya menggunakan power supply. Berhubung Galaxy S7 sudah menggunakan batere tanam alias tidak bisa dicopot-pasang secara mudah, casing ponsel harus dibuka sebelum pengecekan arus berlangsung.

Dari pembacaan jarum ampere yang ada di power supply kita bisa mengira dengan tepat letak kerusakan si ponsel tersebut. Apakah arus yang terdeteksi sama sekali nol, atau malah tinggi sekali, atau mungkin juga hanya ada sedikit arus yang masuk ke ponsel, dll menentukan arah pengerjaan kita. Misalkan, jika pemakaian arus sama dengan nol alias jarum ampere tidak naik sama sekali, kita langsung tahu jika IC power tidak bekerja. Maka dari itu kita perlu memastikan beberapa jalur, diantaranya adalah jalur saklar on/off ke IC Power.

Jika jalur ini putus, ponsel tidak bisa dinyalakan saat tombol power ditekan. Tapi, seharusnya jika ponsel di-charge, proses pengisian batere harus tetap bisa berlangsung (muncul gambar batere sedang diisi pada layar ponsel). Bagaimana cara mengeceknya secara mudah? Lihat gambar di bawah.

Figure 1 Pengukuran jalur On/Off

Comments are closed.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email5
WhatsApp chat