Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Bagaimana seandainya anda mengalamai laptop kesayangan anda blank hitam? Layar laptop blank hitam, tapi hidup. Apakah yang anda lakukan? Bawa ke tempat serviskah? Apakah anda sudah punya teknisi yang bisa anda andalkan? Ataukah ke tempat authorized service centernya? Hmmm…. Runyam juga ya. Bagaimana jika anda sendiri yang bisa mengerjakannya? Baik sekali bukan? Tapi bagaimana caranya?

Vtiga sebagai pusat pelatihan teknisi laptop dan hp yang sudah meluluskan ribuan teknisinya yang tersebar di seantero tanah air akan membagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda kerjakan terlebih dahulu

Ada Beberapa Penyebab Umum Yang bisa membuat Layar Laptop blank hitam Tapi Hidup:

  1. Rangkaian lampu
  2. Fleksibel
  3. LCD
  4. RAM
  5. IC Chipset VGA
  6. IC Processor

Pertama kali adalah pastikan apakah sistem power laptop sudah bekerja. Bisa beberapa cara, cukup simpel. Dengarkanlah apakah ada suara yang muncul setelah tekan saklar. Bisa jadi suara kipas, ataupun harddisk. Pegang juga dengan tangan, adakah getaran yang terasa.

Boleh juga dengan mencoba untuk mengeluarkan cd. Salah satu indikator bahwa tegangan sudah terdistribusi di dalam laptop adalah itu.

Berikutnya, bila memang power sudah masuk ke laptop, berikutnya adalah periksa apakah ada tulisan di layar. Siapa tahu hanya lampu LCD nyalah yang bermasalah. Gunakan senter, bisa juga gunakan led dari ponsel anda. Cermati apakah ada tulisan di LCD nya. Sebab jika ada, masalahnya hanya pada rangkaian lampu LCD saja.

Jika sebuah laptop masih menggunakan teknologi LCD, biasanya ada rangkaian khusus yang bertugas menghidupkan lampu dari LCD. Kalau kita buka, kira kira di bagian sinilah modul inverter.

Tugas dari rangkaian ini adalah menaikkan tegangan dari 19volt menjadi tegangan tinggi. Ini untuk menyalakan tegangan ! Memang terlihat rumit, tapi jangan panik, dalam perbaikan kita hanya perlu mengganti modulnya saja. Inilah posisi di laptop. Jika anda yang hobi kotak katik, anda bisa menggantinya sendiri !

Tidaklah terlalu mahal jika hanya masalah pada lampu lcd. Cukup mengganti rangkaian inverternya saja. Penampakannya

Ikuti Kami dan Bagikan
0
Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup