Ini adalah cuplikan skema Xiaomi Mi4 LTE. Ada dua buah chip IC yang boleh jadi menjadi biang kerusakan mati total. Yang U600 adalah IC power, sedangkan yang U800 adalah IC CPU. Proses penggantiannya cukup rumit, perlu banyak alat.

Nah ada lagi satu IC yang lagi ngetren saat ini. Karena sering rusak, maka IC ini sekarang menjadi bulan bulanan para teknis. IC U802 ini dikenal dengan IC eMMC. Modal IC tidaklah mahal, tapi teknisi memberikan harga yang cukup tinggi bukan? Bukan masalah sparepartnya yang mahal, tapi ilmunya. Bisa dilihat bukan bahwa sebenarnya profesi teknisi hp masih sangat menjanjikan.

Masalahnya adalah bagaimana caranya kita bisa mengetahui mana yang rusak? Nah, semua itu bisa dipelajari! Awal dari analisa bagian hardware adalah dengan mengukur besar arus listrik yang masuk ke dalam ponsel. Untuk bisa mendapatkan data ini, kita membutuhkan sebuah Power Supply (sebagai pengganti baterai ponsel) yang sudah dilengkapi dengan Ampere meter. Dari pembacaan Ampere meter inilah, arah perbaikan ditentukan.

Seringkali kerusakan Xiaomi yang mati total, pemakaian arusnya nol alias tidak ada arus listrik. Jika ini yang terjadi, kita bisa mengambil kesimpulan IC Power tidak bekerja. Namun, ini bukan berarti IC Power harus langsung diganti dengan yang baru. Kita harus memastikan terlebih dahulu input dari IC power, yaitu tegangan dari baterai.  Lihat cuplikan skema IC Power di bawah ini.

Pada area yang diberi lingkaran merah gambar di atas, kita bisa melihat bahwa di pin no 214, 222, 223 terhubung ke jalur VBATT. Dengan kata lain, kaki-kaki dari IC Power ini harus terhubung ke tegangan baterai positif. Jika tegangan ini tidak sampai, maka IC power tidak akan bekerja. Jika tegangan baterai positif serta jalur saklar tidak bermasalah, baru kita boleh mengambil langkah mengganti IC Power U600 ini.

Mari bergabung bersama kami VTiga Pelatihan Teknisi HP !

“Share atau bagikan artikel ini jika menurut anda sangat membantu”

[fcb id=’1′ align=’center’][/fcb]

Untuk info lebih lanjut silakan whatsapp 0812.8850.8878
“Promo Menarik” untuk 10 orang pendaftar pertama

V-Tiga Training Center (Pusat Pelatihan Teknisi Hp & Laptop)
(*) Pengalaman Lebih dari 15 tahun(berdiri sejak 1998)
(*) Fasilitas Belajar Lengkap (*) Free Tool kit & File Software
(*) GRATIS MESS PENGINAPAN

** www.vtiga.com & kursuslaptop.com
0812.8850.8878 (WhatsApp/Line/Phone)
Pin BB_D481D610
Komplek Ruko RTC(Roxy Trade Center)
Jl. KH Hasyim Ashari No 233L Jakarta Pusat