Tidak dipungkiri, Android saat ini merupakan OS yang paling banyak digunakan bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Tidak seperti iOS ataupun OS lainnya, OS Android bersifat open source sehingga memungkinkan banyak produsen smartphone menggunakan OS ini untuk membuat smartphone, baik model low-end atau murah maupun model premium. Ini membuat Android memiliki jangkauan yang lebih luas, sehingga memiliki banyak pengguna. Banyak jenis brand Android yang meluncur di pasaran. Tentunya di buat oleh pabrik yang berbeda-beda. Seperti Samsung, Lenovo, Asus, Xiaomi, Oppo, Andromax Smartfren dan masih banyak lagi. Dapat di garis bawahi, bahwa bentuk pcba dan komponen juga berbeda-beda. Bahkan sofware khususnya User interface juga berbeda-beda.
Dalam dunia perbaikan smartphone dilapangan, banyak yang mengelompokkan jenis-jenis perbaikan berdasarkan ic cpu. ada juga berdasarkan brand/merk. Untuk mudahnya bagi pemula yang belajar service smartphone, anda bisa simak tips-tips dibawah ini.
Untuk perbaikan android yang menggunakan cpu MTK (Mediatek), adapun tool atau software gratis yang biasa digunakan oleh para teknisi pada umumnya dan tools ini wajib dimiliki, yaitu :
1. Driver usb vcom
2. Flashtool dari versi 3 sampai versi 5
3. Piranha crack
4. Imei sn writer 15.3
5. King0root
6. Mtk enginer mode
7. Mtk droid tool