Pengetahuan dasar elektronika laptop

Tips dasar dalam memperbaiki hardware pada smartphone
February 23, 2016
Cara Write Imei Untuk SmartPhone Cpu Mediatek
February 24, 2016

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tentang dasar-dasar elektronika khususnya untuk teknisi yang baru mau memulai belajar service elektronika dibidang service laptop minimal harus berbekal dari pengetahuan dasar elektronika seperti mengenal nama komponen dan fungsinya, serta cara kerja reparasi dan cara membaca schematic. Di bawah ini adalah komponen yang sering menjadi rangkaian utama dalam mainboard alat elektronika. Khususnya laptop/pc.

RESISTOR

Resistor adalah sebuah komponen dasar elektronika yang fungsinya adalah untuk menghambat arus listrik yang melewati suatu rangkaian.

Banyak ditemui dari semua rangkaian elektronika selalu menggunakan komponen elektronika ini. fungsi resistor yang lain adalah sebagai berikut:

Resistor berfungsi sebagai pembagi arus

  1. Resistor berfungsi Sebagai pembatas / pengatur arus
  2. Resistor berfungsi Sebagai penurun tegangan
  3. Resistor berfungsi Sebagai pembagi tegangan
  4. Resistor berfungsi Sebagai penghambat aliran arus listrik,dan lain-lain.

SMD CAPASITOR Fungsi utama sebuah kapasitor adalah untuk menyimpan tenaga listrik, penapis, dan penala. Untuk kapasitor jenis SMD, tersedia antara 1 pF s/d 1 uF. Selain itu ukuran yang ada tersedia untuk kapasior ini yakni antara 0603 s/d 1206. Dalam hal ini, kapasitor paling banyak dan sering digunakan adalah jenis kapasitor yang terbuat dari bahan keramik. Selain itu dikenal pula apa yang disebut jenis kapasitor tantalum yakni kapasitor yang memiliki kapasitansi 1 uF dan ukuran lain di atasnya. Kapasitor jenis tantalum ini memiliki kutub positif dan negatif yang secara jelas tertera pada bagian luarnya.

MOSFET/FET MOSFET adalah transistor berjenis FET, Field Effect Transistor jenis MOS. Fungsi transistor bermacam-macam dan bisa di analogikan antara C dan E nya merupakan resistor variable yang tergantung pada seberapa besar arus yang mengalir lewat B nya. Untuk FET, D dan S nya yang merupakan resistor variable dan tergantung pada tegangan G nya.Jadi transistor atau juga FET yang termasuk kelompok yang sama, bisa difungsikan untuk penguat arus atau tegangan elektronik, untuk fungsi sebagai sakelar elektronik dan berbagai keperluan lain dalam rangkain elektronika.

SUPER I/O SUPER I/O chip yang skrng di kenal dengan EC (Embedded Controller) atau Keyboard Controller. Mengapa namanya SUPER? Karena dulu sekitar tahun 1980 an – 1990 an , setiap device (peralatan) yang hendak di hubungkan ke system Mainboard, membutuhkan chip I/O tersendiri dengan system yang terpisah, sehingga membuat sistem komputer menjadi ribet. tapi sejak perusahaan seperti Nuvoton, Winbond, ITE, ENE, SMSC dll memproduksi chip yg mampu mengakomodir semua kebutuhan input output maka hal itu dapat diatasi. artinya untuk menghubungkan Harddisk, Floppy disk, Printer, Mouse, dll ke Mainboard cukup dengan 1 chip saja, atau dengan kata lain chip ini menyediakan semua port yang dibutuhkan untuk peralatan external. Oleh karena itu chip ini cukup layak mendapat gelar “Super”.

TRANSISTOR Transistor adalah komponen semikonduktor penggabungan dari komponen dioda. biasanya berfungsi sebagai penguat arus, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam gerbang buka tutup / kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya. Pada umumnya, transistor memiliki 3 terminal, yaitu Basis (B), Emitor (E) dan Kolektor (C). Tegangan yang di satu terminalnya misalnya Emitor dapat dipakai untuk mengatur arus dan tegangan yang lebih besar daripada arus input Basis, yaitu pada keluaran tegangan dan arus output Kolektor.

IC ( Integrated Circuit ) IC ( Integrated Circuit ) adalah komponen aktif, berisi perpaduan beberapa komponen aktif (transistor,fet atau mosfet) dan komponen pasif (resistor, capasitor, dioda), yang terintegrasi menjadi satu dalam bentuk micro didalam ic.Jadi komponen IC adalah suatu rangkaian elektronik yang dikecilkan.. Pembuatan IC tentu amat rumit dan membutuhkan teknologi canggih. Dan yang lebih rumit lagi yang versi SMD ( surface mount device ), sebuah IC SMD dapat berukuran 3-5 kali lebih kecil.

Masih banyak lagi yang anda bisa ketahui bersama kami. Jenis dan nama-nama komponen yang lebih spesifik cara kerja ic, tegangan kerja ic, symbol pada schematic, jalur /bus in out ic, control ic, memory , setting permanen memory, bios flashing, dan masih banyak lagi. Segera bergabung bersama kami di vtiga. Pusat pelatihan teknisi hanphone dan laptop. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bisa menjadikan inspirasi anda untuk bergabung bersama kami di vtiga. Salam team technician vtiga.

[rev_slider alias="header laptop"]

Trik Perbaikan</a

Berbagai Trik Perbaikan HP, Smartphone, serta Laptop
telephone

021-6317158, 021-92955593
Telkomsel : 081288508878
XL : 087883327959
Indosat : 085888991173
Three : 08989239250

e-mail, Pin BB dan WhatsApp

Email : [email protected]
Pin BB : 580390DD
WhatsApp : 081288508878

Kumpulan Video Perbaikan

Silahkan klik tulisan di atas untuk melihat kumpulan video perbaikan

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tentang dasar-dasar elektronika khususnya untuk teknisi yang baru mau memulai belajar service elektronika dibidang service laptop minimal harus berbekal dari pengetahuan dasar elektronika seperti mengenal nama komponen dan fungsinya, serta cara kerja reparasi dan cara membaca schematic. Di bawah ini adalah komponen yang sering menjadi rangkaian utama dalam mainboard alat elektronika. Khususnya laptop/pc.

YouTube0
YouTube
Facebook
Facebook
Instagram2k
Google+168
Google+
Follow by Email12