SAMSUNG GALAXY GT P-6200 ATAU SAMSUNG T7 PLUS (PROBLEM IC eMMC)

VTIGA TRAINING CENTER Pusat Reparasi Hp dan Laptop dating kembali dengan membawa sebuah informasi reparasi pada hp dan laptop. Kali ini VTIGA akan membahas tentang reparasi pada Samsung Galaxy T7 Plus, yang mengalami kerusakan pada eMMC.

Apa sih fungsi eMMC ? Apakah anda mengetahuinya ? Mari kita sama-sama memahami pengertian eMMC

eMMC singkatan dari Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana media penyimpanan dan media controller itu terdapat dalam satu chip.

Teknologi eMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan eMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak. Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin penuh, dan ketika sudah penuh, kinerjanya sendiri akan semakin menurun, maka dari itu eMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller, artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU lagi.
untuk building controller, artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU lagi.

Bagaimanakah caranya dapat menentukan letak kerusakan pada IC eMMc ? Mari sisihkan waktu anda selama 1.5 bulan, untuk mengikuti kursus reparasi hp dan laptop bersama VTIGA TRAINING CENTER

Agar eMMC dapat kembali normal ada beberapa langkah yang harus dilakukan.
1. Lakukan J-TAG pada IC eMMC .

Perhatikan gambar dibawah ini !

Gambar diatas ialah gambar yang diambil pada saat sorang teknisi men-eksekusi untuk proses JTAG pada Samsung Galaxy T7.

Lalu apa fungsi JTAG ? J-TAG merupakan aturan sederhana IEEE (1149.1) yang berkembang pada tahun 1980. Aturan yang dibuat untuk menyelesaikan probleming pada montherboard. J-TAG berfungsi untuk mengatur pin-pin di semua IC yang ada. Apabila eksekusi JTAG berjalan dengan baik, lakukan langkah berikutnya yaitu melakukan DIRECT.
Jika pada saat melakukan JTAG dan Direct tidak terjadi kesalahan. Maka langkah teakhir yaitu flashing handphone. Sesudah diflashing handphone akan normal.

– See more at: http://vtiga.com/2015/10/samsung-galaxy-gt-p-6200-atau-samsung-t7-plus-problem-ic-emmc/#sthash.ZXs7giOB.dpuf

Ikuti Kami dan Bagikan
0