Selanjutnya periksa jalur PU602 dengan cara mengukur tegangan outputnya yaitu dikaki ke-3 atau ke-4. Ternyata ada tegangan sebesar 1.78V. Ini berarti ada komponen yang tidak normal pula di jalur output PU602.

Ada baiknya dilihat terlebih dahulu jalur +1.8VSP menuju kemana saja.

Dari gambar di atas,  bisa dilihat bahwa tegangan +1.8VS menuju ke PCH(South Bridge) dan CPU(Processor). Teganan ini juga mengalami perubahan nama menjadi +1.8VSDGPU yang menuju ke M93 GPU(VGA Chip).

Gambar di atas merupakan jalur perubahan nama tegangan 1.8V. Dengan trik tertentu, sang peserta mengukur masalah ini. Dan juga  kaki D ada tegangan 1.8V.  Seharusnya Q85 bekerja saat saklar ditekan.

Sebelum menuju ke Q85, 1.8VS harus melewati Q109 dan mosfet ini juga seharusnya bekerja saat saklar ditekan. Dari hasil pengukuran, disimpulkanlah  mosfet Q109 dan Q85 rusak.

Ganti, dan laptop kembali normal. Inilah cara mengatasi layar laptop hitam saat dinyalakan pada kasus HP pavilion DV4.
Tidak mahal sebenarnya sparepartnya, tapi yang mahal adalah ilmunya. Sehingga kita bisa mendapatkan imbalan hingga ratusan ribu rupiah. Mau bisa ? Yuk, belajar langsung di VTiga kursus perbaikan laptop. Sukses untuk anda !

Cara Bongkar Laptop Lenovo G480