Cara Memperbaiki Notebook Acer E1-431(ZQT)

Jika anda memiliki notebook yang tiba tiba mati total, apa yang anda kerjakan? Hmmm…. Jangan panik dulu ya. Beberapa langkah sederhana dari VTiga kursus perbaikan laptop dan smartphone berikut ini boleh sekali anda coba !

Pertama sekali pastikan charger dalam kondisi normal. Coba lihat lampu led yang ada di charger. Apakah menyala, atau mati. Kalau bisa coba juga dengan charger lain ataupun notebook lain yang normal untuk benar memastikan kenormalannya.

Baca juga :

Hal kedua adalah perhatikan ketika dicolok charger, apakah ada reaksi. Mungkin ada lampu yang menyala, atau tidak ada sama sekali. Sebab biasanya jika dicolok charger, ada indicator lampu yang menyala. Ini untuk memastikan apakah rangkaian motherboard bekerja normal.

Hal terakhir adalah pastikan saklar on off normal. Apakah ada reaksi setelah saklar ditekan? Tapi bila semua sudah terlewati, kita harus masuk ke tingkat reparasi lebih lanjut. Kali ini VTiga kursus perbaikan notebook dan smartphone akan berbagi tips cara memperbaiki notebook acer E1-431. Kebetulan laptop ini dibawa oleh seorang peserta yang sedang belajar di VTiga kursus. Laptop Acer ini mengalami kerusakan mati total. Setelah diperiksa dengan power supply, amperenya naik tidak normal. Ini menandakan ada yang tidak bekerja normal.

Langkah pemeriksaan:

  1. Ukur tegangan VIN

Tegangan VIN bisa diukur di PR164. Setelah diukur ternyata ada tegangan sebesar ±18,5V