BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI ADVAN S5E MATI TOTAL

Setelah gelombang ponsel merk lokal melanda Indonesia, saat ini tidak banyak lagi produsen lokal yang masih bertahan. Dari sedikit vendor lokal yang masih bisa bertahan, Advan adalah salah satunya. Saat ini, penjualannya masih tergolong sangat baik dan mampu bersaing dengan merk-merk raksasa seperti Samsung, ASUS dan lainnya untuk di segmen low-end.

BAca juga :

S5E merupakan salah satu produk yang cukup diandalkan oleh Advan. Pada kesempatan kali ini, VTIGA Kursus Perbaikan HP dan Laptop hendak membahas cara perbaikannya jika sudah rusak mati total.

Memperbaiki ponsel Advan S5E yang mati total, sebetulnya tidak jauh berbeda saat kita menghadapi ponsel mati lainnya. Sebelum memeriksa kerusakan bagian hardware-nya, proses perbaikan software harus dilakukan dahulu. Jika perbaikan software sudah mengalami kebuntuan, ponsel baru boleh dibongkar untuk diperiksa bagian hardware-nya.

Pemeriksaan hardware selalu dimulai dari pemeriksaan arus. Berhubung ponsel tipe ini, tidak menggunakan baterai tanam, dengan mudah kita dapat memeriksa arus listrik yang masuk ke ponsel tanpa harus membuka casing terlebih dahulu. Seringkali kita mendapati arus listrik yang masuk ke ponsel adalah 0 mA alias, listrik tidak ada yang masuk ke ponsel. Untuk kondisi kerusakan ini, kita perlu membongkar casing ponsel.

Ponsel Advan S5E, sangat mudah untuk dibongkar. Kita hanya perlu melepas tutup baterai, lalu mencopot baut yang ada, kemudian memisahkan modul LCD.