Samsung Galaxy S7 Edge Suara Buzzer Bermasalah

 

Sebagai salah satu ponsel flagship dari Samsung, Galaxy S7 Edge disambut heboh pada waktu rilis 2 tahun yang lalu. Dengan banyak fitur yang paling unggul di jamannya, ponsel ini dirancang sangat rapi oleh Samsung dan terbukti sangat berhasil di pasaran. Keluhan seputar ponsel ini terbilang minim.

Lewat dua tahun sejak peluncurannya, tentu masa garansi ponsel ini banyak yang  sudah habis. Dihadapkan pada kondisi ini, para pemilik ponsel yang mengalami kerusakan bisa memilih untuk memperbaikinya di service center resmi atau di tempat perbaikan langganannya. Peluang ini harus bisa dimanfaatkan oleh pebisnis bidang reparasi ponsel. Untuk teman-teman yang hendak menggeluti bisnis ini, silahkan bergabung ke VTIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop. Klik link di bawah untuk info lebih lanjut.

Pada sesi pelajaran di kelas, seorang murid membawa sebuah ponsel Samsung Galaxy S7 Edge yang rusak. Keluhan ponsel tersebut, suara buzzernya tidak jernih, bercampur dengan suara kresek-kresek yang mengganggu kenyamanan. Bagaimana solusi perbaikannya? Simak artikel berikut.

Baca juga :

Untuk menganalisa kerusakan kerusakan yang dibawa si murid tadi, kita lihat terlebih dahulu diagram blok dibawah.

Signal suara yang dihasilkan secara digital oleh CPU dikirim ke IC Audio Codec untuk dikonversi ke signal suara analog. Keluaran dari IC Audio ini terpecah menjadi 3 cabang. Pertama menuju ke Ear Out (Headset), lalu ke RCV (Speaker internal) dan ke SPK (Loud Speaker atau Buzzer).

Analisa sebagai berikut. Jika suara yang dihasilkan oleh IC Audio tidak ada, penyebabnya ada beberapa faktor, IC Audio atau CPU tidak bekerja, jalur penghubung signal audio sudah putus, atau bisa juga masalah di Amplifier suara yang rusak. Berhubung gejala kerusakan yang dibawa murid tadi adalah suara yang kurang jernih, kita bisa mengeleminasi beberapa kemungkinan, diantaranya adalah jalur pasti dalam kondisi baik, jika putus pasti suara akan hilang.