Redmi Note 3 Tidak Ada Suara Speaker

Loud Speaker merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah smartphone. Jika komponen ini tidak bekerja, sang empunya ponsel tidak bisa mendengarkan lagu atau memutar video tanpa menggunakan headset. Tentu hal ini sangat mengganggu bukan?

Baca juga :

Jika terjadi permasalahan di bagian speaker, ada beberapa penyebab yang perlu dialisa. Diantaranya, apakah IC Audio, Loud Speaker dalam kondisi baik, juga jalur penghubung diantara mereka harus diperiksa tidak boleh putus.

Dalam sebuah sesi studi kasus, seorang murid membawa sebuah ponsel Xiaomi Redmi Note 3 yang suaranya tidak ada. Sang pemilik mengaku bahwa sebelum bermasalah, ponsel sempat jatuh. Bersama pembimbing, masalah tersebut dipecahkan oleh si murid. Bagaimana proses perbaikannya? VTIGA Kursus Teknisi HP hendak membahas cara perbaikan Redmi Note 3 yang tidak ada suara speaker.

Pada kasus suara tidak keluar, ada trik mudah untuk memastikan IC Audio bermasalah atau tidak. Gunakanlah headset, cari tahu, apakah suara music bisa didengar lewat headset. Jika terdengar jelas, artinya IC Audio pada ponsel masih bekerja dengan baik. Namun, jika lewat headset, suara juga tidak bisa didengar, patut dicurigai, IC Audio sudah bermasalah.

Selanjutnya adalah memeriksa komponen speaker. Menggunakan multi tester analog di posisi ohm x1 atau menggunakan power supply atur tegangan sebesar 1 volt. Jika speaker rusak, harus segera diganti.

Yang paling rumit apabila kerusakan ada pada jalur atau IC. Bagaimana memeriksanya? Di HP Redmi Note 3, loud speaker terdapat di bagian papan yang berbeda dengan IC Audio, jadi satu dengan tempat konektor charger/ headset. Lihat gambar di bawah