Cara Memperbaiki Samsung J1 Ace Mati Total

Sebagai salah satu ponsel besutan Samsung yang laris manis, J1 Ace saat ini sudah lewat masa garansinya. Maka itu, jika rusak, pada umumnya pemilik ponsel langsung membawanya ke tempat servis yang dipercayainya.

Baca juga :

Seperti sebuah kasus kerusakan yang dibawa oleh salah seorang murid dalam pelajaran studi kasus, sebuah ponsel J1 Ace datang dalam kondisi mati total. Sang murid menjelaskan bahwa ponsel sudah dicoba untuk diperbaiki olehnya. ” Saya sudah coba ganti baterainya, dan juga sewaktu dicoba untuk melakukan proses perbaikan software, proses selalu gagal pak.” Keluh sang murid. “Bagaimana cara perbaikannya pak?” Tanyanya lagi.

Untuk memperbaiki sebuah ponsel mati total, sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit, asalkan kita sebagai teknisi memahami betul prosedur pengecekannya. Dari hasil pemeriksaan, kita akan mengetahui bagian apakah yang rusak dan mana yang harus diperbaiki. Kembali ke kasus yang dibawa oleh sang murid, saat diperiksa dengan menggunakan power supply, ternyata ada ketidaknormalan, jauh dari normal.

Keterangan gambar diatas :

  1. Angka digital pada voltage 02,4v
  2. Menunjukan arusnya
  3. Manual arah jarum voltage