Cara Mengatasi Laptop Hidup Mati

Masalah yang muncul di barang elektronik ada saja. Tidak bisa dicegah, kalau memang sudah waktunya dia akan datang tanpa diundang. Sama halnya dengan laptop, ada satu jenis kerusakan laptop yakni dinyalakan hidup, lalu mati kembali. Kerusakan ini kerap muncul terutama jika laptop yang sudah berumur. Nah bagaimana cara mengatasi laptop hidup mati? VTiga kursus perbaikan laptop dan smartphone akan membahas trik dan tips cara mengatasi laptop hidup mati.

Baca juga :

Contoh yang dibahas oleh Vtiga kali ini adalah pada laptop acer E5-473. Awalnya Laptop acer E5-473 mengalami kerusakan hidup lalu mati lagi setelah saklar ditekan dan tidak bisa melakukan pengisian baterai. Tapi karena dipaksa oleh sang pengguna, akhirnya mengalami kerusakan mati total. Kasus ini dibawa oleh salah seorang peserta pelatihan perbaikan laptop yang VTiga selenggarakan. Bagaimana prosesnya? Mari disimak !

Pertama sekali sebelum membongkar laptop, selalu kita mulai dari hal yang paling sederhana. Pastikan baterai, charger dalam kondisi baik. Jangan sampai hanya karena masalah ini, kita akhirnya menghabiskan waktu untuk memeriksa bagian lainnya. Ternyata setelah dibandingkan, memang ternyata tidak masalah di baterai ataupun chargernya.

Selanjutnya kita masuk ke rangkaian pada motherboardnya. Bongkar laptop hingga kita bisa melihat motherboardnya. Baru kita perhatikan hal hal berikut ini.