Cara Memperbaiki Sim Card Yang Tidak Terbaca

Sebuah smartphone dulunya adalah handphone, cikal bakal dari ponsel pintar. Layaknya telepon, sebuah smartphone memiliki nomor tersendiri. Identitas dari sebuah smartphone terwakili oleh nomor handphone yang berada di sebuah chip kecil yang bernama sim card. Walau kini tanpa sebuah sim card, smartphone bisa tetap berkomunikasi melalui wifi. Tapi tetap saja, kebutuhan akan simcard tetap ada.

Terkadang sim card di sebuah smartphone suka tidak terbaca. Runyam juga. Tapi jangan panik, karena semua bisa diperbaiki. Bagaimana cara memperbaiki sim card yang tidak terbaca? VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop kali ini akan berbagi triknya.

Pertama tama yang harus anda lakukan adalah memastikan simcard masih dalam keadaan normal alias tidak rusak. Bisa anda lepas simcardnya, lalu coba diganti dengan simcard lainnya. Sewaktu anda melepas simcard, bersihkan dulu konektornya. Anda boleh gunakan cotton butt atau tissue agar koneksi antara simcard dengan smartphone tidak terhalangi oleh kotoran, atau karat.

Bisa juga karena masalah software. Bagi anda pengguna android khususnya, kasus tidak bisa terbacanya simcard sering juga disebabkan oleh hilangnya imei. Sudah banyak tutorial tentang perbaikan ini di artikel VTiga sebelumnya.

Baca juga :

Berikutnya yang perlu diperhatikan juga adalah masalah konektornya itu sendiri. Sering kali karena pengguna yang tidak terlalu mengerti penggunaan smartphone, membuatĀ  konektor menjadi rusak. Biasanya dipicu dengan memasukkan simcard terbalik, dan dipaksakan pula. Nah bila terjadi seperti ini, solusinya harus kita ganti konektornya. Bagaimana caranya? Yuk simak bagaimana proses penggantian konektor simcard pada smartphone LG G3 Stylus.

Pertama bongkar smartphone LG G3 Stylus.