CARA MUDAH “RESTART” HP OPPO

Siapa yang tidak kesal jika saat asik ber-sosmed ria, tiba-tiba ponsel Oppo kesayangan mendadak lemot bahkan nge-hang. Ini adalah tipikal gejala kerusakan bagian software. Memang masih banyak gejala kerusakan yang lainnya seperti touchscreen error, singnal hilang sama sekali, bahkan sampai kerusakan mati total. Kerusakan yang ditimbulkan oleh software tidak terlalu sulit perbaikannya. Pada dasarnya kita harus mengisi ulang firmware ponsel Oppo yang bermasalah tersebut dengan versi yang lebih baru atau sama dengan yang sebelumnya. Proses ini sering disebut dengan langkah flashing.

Proses flashing ponsel membutuhkan sebuah PC, kabel penghubung antara ponsel dengan PC (USB data cable), dan juga file flash yang merupakan firmware dari ponsel. Prosesnya pernah kita bahas di artikel-artikel sebelumnya. Silahkan simak link berikut:

Melihat langkah flashing ini cukup merepotkan, terutama buat teman-teman yang jarang melakukannya, sebenarnya kita masih memiliki alternative cara yang jauh lebih mudah, simpel dan cepat untuk memperbaiki kerusakan software pada ponsel Oppo yang bermasalah. Kita bisa mencoba melakukan restart OS Android ponsel Oppo. Saat ponsel  Opoo  di-restart, semua pengaturan, data-data akan dikembalikan ke posisi saat masih baru keluar dari pabrik alias masih ‘Fresh from the oven’. Tentu jika langkah restart ini berhasil, kita tidak perlu lagi melakukan proses flashing yang tentunya lebih merepotkan. Satu hal, sebelum proses ini dilakukan, pindahkan semua data penting dan simpan di tempat yang aman. Data yang terhapus karena proses restart ini tidak akan bisa dikembalikan lagi.