IPHONE TIDAK TERDETEKSI DI ITUNES

Bagi pengguna ponsel besutan Apple, iTunes jelas salah satu software yang paling sering digunakan. Banyak sekali fungsi dari iTunes ini, mulai dari membackup data2, mensinkronisasi data pada iPhone, sampai men-download lagu, meng-upgrade OS dari iPhone dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Hanya saja, sering juga dilaporkan permasalahan iPhone yang tidak bisa terdeteksi di iTunes. Saat ini terjadi, jelas fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh iTunes tidak bisa digunakan. Apa saja penyebab permasalahan ini? Pada kali ini VTIGA Kursus Teknisi HP dan Laptop akan membahas solusi dari permasalahan iPhone tidak bisa terdeteksi di iTunes.

Sebelum kita memvonis kerusakan ada di ponsel iPhone kesayangan, ada baiknya kita memastikan dulu beberapa hal,diantaranya;  hendaknya iTunes yang terpasang di komputer anda adalah versi terbaru, pastikan pula iPhone sudah diaktifkan, pastikan pula USB pada PC yang akan dihubungkan ke iPhone bisa bekerja, jika perlu uji dulu dengan flash disk atau USB device lainnya.

Jika semua hal diatas sudah diperiksa dan tidak ditemukan kejanggalan, kini tinggal ponsel yang perlu dianalisa. Kemungkinan terbesar dari permasalahan iPhone tidak bisa terdeteksi pada iTunes ada di bagian hardware. Apa yang perlu diperhatikan?

Konektor tempat kabel data rusak atau bad connect

Sangat mungkin terjadi, kegagalan koneksi hanya disebabkan karena konektor kotor. Untuk itu, kita harus membersihkan konektor ini dahulu. Bisa menggunakan cairan pembersih apa saja, asalkan tidak bersifat menghantar listrik.

Kabel fleksibel penghubung antara konektor ke CPU sudah bermasalah

Ini pun sering terjadi, terutama jika ponsel pernah dibuka casingnya, entah karena mengganti casing, mengganti LCD, atau modul lainnya. mengapa demikian? Pada saat casing dibongkar dan kabel Fleksibel ini ditarik atau ditekuk secara berlebihan, yang terjadi adalah jalur pada Fleksibel kabel tersebut menjadi putus.

Oleh karena itu, kabel fleksibel penghubung ini perlu diperiksa secara seksama untuk memastikan apakah rusak atau tidak. Untuk memeriksanya, casing iPhone perlu dibuka. Bagaimana langkahnhya? Kami akan mengambil bahan iPhone 5C.

Figure 1 iPhone 5C yang bermasalah