HP GAK BISA DICAS

Mengecas HP adalah sebuah rutinitas yang  tak bisa dihindarkan bagi pemilik HP. Saat ini, rata-rata baterai ponsel akan habis setelah dipakai seharian. Tanpa mengecas baterai, tentu HP akan mati total. Metode pengisian baterai saat ini juga sudah berkembang. Mulai dari fast charging (metode pengisian cepat) sampai ke wireless charging (pengisian nirkabel) kini bisa ditemui di HP yang berkelas sehingga memudahkan proses ini.

Bagaimana jika HP kita sendiri gak bisa dicas? Jelas merepotkan tentunya. Bagaimana menyelesaikan masalah ini? Pada artikel kali ini VTIGA Kursus teknisi HP dan Laptop akan membahas solusi HP yang gak bisa dicas.

Mengecas baterai pada dasarnya adalah proses memindahkan energi listrik dari adaptor charger ke dalam baterai. Proses  memindahkan energi listrik ini akan terlaksana jika ada salah satu sumber listrik yang memiliki tegangan yang lebih tinggi dibanding yang lain. Jadi, untuk mengisi baterai, kita membutuhkan sumber listrik dalam hal ini adaptor charger yang akan menghasilkan listrik yang tegangannya lebih besar dari baterai. Sekedar informasi, level tegangan baterai ponsel kurang lebih 3,7 volt, sedangkan tegangan keluaran dari charger adaptor sekitar 5 volt.

Selain dari perbedaan level tengangan, hal lain yang harus diperhatikan adalah, faktor suhu baterai dan arus pengisian baterai. Bahaya sekali jika arus pengisian terlalu tinggi, suhu baterai akan naik drastis. Selain bisa mengurangi umur dari baterai, proses ini bisa mengakibatkan kerusakan pada ponsel. Malah pernah, ada kasus karena pengisian tidak terkontrol, baterai ponsel meledak. Untuk menghindari hal-hal buruk diatas, di HP ada rangkaian pengatur proses charging. Rangkaian ini terdiri dari IC charger dan sensor arus dan sensor suhu, serta CPU yang mengatur jalannya proses pengisian baterai.

Kembali ke permasalahan HP yang gak bisa dicas, kita tidak perlu langsung memeriksa IC Charger atau CPU dalam HP tersebut. Justru kita perlu memastikan hal-hal yang terlihat sepele namun sering rusak. Apa saja itu?