Cara Menghidupkan HP Android Jika Tombol Power Rusak

Saat ini, semua smartphone menggunakan layar sentuh untuk menavigasi menu yang ada, sehingga peran tombol sudah jauh berkurang. Jika diperhatikan, tombol fisik yang tertinggal hanya ada di bagian tombol power, volume up, volume down. Walaupun sudah jauh berkurang jumlahnya, tombol fisik tetap dibutuhkan, terutama yang berfungsi sebagai tombol power.

Apakah tombol fisik power bisa digantikan dengan touchscreen? Dengan teknologi sekarang, jawabnya tidak. Mengapa demikian? Tombol power ini berfungsi memberi signal power ke IC Power dalam kondisi CPU belum bekerja sama sekali. Berbeda dengan touchscreen yang hanya bisa bekerja setelah CPU bekerja, tombol power bisa bekerja tanpa campur tangan CPU. Oleh karena itu, fungsi perintah on (pada saat HP masih off dan CPU off), hanya bisa diperankan oleh tombol fisik.

Baca juga :

Dalam pemakaian sehari-hari, entah karena sering ditekan dengan keras, atau terkontaminasi kotoran, tombol power bisa rusak. Apabila tombol ini rusak, HP tentu tidak bisa dinyalakan. Kerusakan tombol yang sepele ini berakibat HP jadi mati total.

Jika smartphone kesayangan anda mengalami hal ini, tentu merepotkan. Pada kesempatan kali ini VTIGA Kursus Service HP dan Laptop akan membahas bagaimana solusi menghidupkan HP Android jika tombol power rusak.

Solusi yang dibahas pada artikel ini jelas bukan solusi permanen. Tentu idealnya, jika tombol power HP Android anda rusak, tombol tersebut harus diganti. Namun, proses mengganti tombol tersebut, membutuhkan skill khusus seperti menyolder serta membongkar casing.  Hubungi kami jika anda tertarik mendalami bidang ini.

Namun bagi teman-teman pemakai setia Android, perlu satu cara untuk menghidupkan ponsel Android anda tanpa perlu membongkar casing atau menyolder. Caranya mudah saja, siapkan PC serta kabel data untuk menyalakannya bagaimana detail caranya?