CARA MENGATASI SINYAL HILANG PADA HP SAMSUNG

Kerusakan signal pasti membuat kita kelabakan. Memang benar, ada yang berpendapat kalau, sekarang ini, kita bisa menelpon lewat Whatsapp atau social media lainnya. Tetapi, itu berlaku jika ponsel terhubung ke internet yang memiliki speed tinggi. Untuk mereka yang selalu terkoneksi ke internet lewat WiFi, signal GSM tidak terlalu penting, namun jika kita berada di luar gedung, mau tidak mau kita harus menggunakan sinyal GSM untuk menelpon maupun streaming data.

Baca juga http://vtiga.com/2017/10/cara-memperbaiki-sinyal-hp-lemah/

 

Pada kesempatan kali ini VTIGA Kursus teknisi HP akan membahas cara mengatasi sinyal hilang pada HP Samsung.

Perlu diketahui, istilah sinyal hilang sebenarnya tidak baku. Sinyal GSM selalu ada di area yang sudah ter-cover oleh BTS. Hanya saja, si ponsel yang tidak bisa mendeteksi adanya sinyal yang dikirim dari BTS. Namun karena sudah terlanjur dipakai oleh masyarakat luas, pada artikel ini kita tetap menggunakan istilah sinyal hilang untuk HP yang tidak bisa masuk ke jaringan GSM.

Proses supaya signal bar muncul di layar, cukup panjang. Ini melibatkan radio penerima, radio pemancar serta processor pada HP dan juga melibatkan BTS yang berada jauh di luar sana. Umumnya untuk di kota-kota besar jarak BTS dibawah 3 Km. Pada saat ponsel pertama kali dinyalakan, ia akan mendeteksi kartu. Langkah selanjutnya ia mendeteksi apakah ada signal GSM di area ponsel dinyalakan. Setelah terdeteksi ada signal yang berasal dari BTS, ponsel akan memancarkan  data dalam bentuk gelombang RF , berupa nomor IMEI serta nomor ID kartu yang terpasang. Selanjutnya, gelombang yang dipancarkan oleh ponsel akan sampai di BTS. BTS akan mengecek apakah data tersebut merupakan ID yang valid (harus kartu SIM yang masih aktif). Jika benar, maka BTS akan member akses untuk HP tersebut untuk masuk ke jaringannya, dan juga data-data tambahan lainnya diantaranya mengenai berapa level signal yang diterima oleh BTS (inilah yang menentukan berapa banyak signal bar yang akan ditampilkan). Data tersebut akhirnya diterima oleh ponsel dan ditampilkan di LCD setelah diproses oleh CPU.

Bagaimana langkah awal ketika hilang sinyal pada HP Samsung? Dari proses diatas, kita mendapati bahwa bagian yang bertanggung jawab, memproses sinyal adalah Radio penerima, Radio pemancar, serta CPU. Dalam pemeriksaan, kita harus memeriksa satu persatu.