CARA MEMPERBAIKI SUARA HP YANG HILANG

Sebagai alat komunikasi yang paling banyak dipakai di dunia saat ini, ponsel harus bisa mengirim dan menerima suara. Baik itu dalam percakapan telepon, video, atau lagu, semuanya menghasilkan suara. Di dalam ponsel suara dihasilkan oleh komponen yang bernama speaker. Fungsi speaker ini mengubah gelombang listrik audio menjadi suara yang biasa kita dengar.

Seringkali suara menjadi masalah pada HP, entah itu karena speaker yang rusak, jalur atau rangkaian pemroses suara. Tentu ini sangat mengganggu aktivitas si pemilik HP tersebut. Jika sudah hilang suaranya, bagaimana cara perbaikannya?

Pada artikel kali ini, VTIGA tempat kursus perbaikan HP dan Laptop akan membahas cara memperbaiki HP yang suaranya hilang.

Kita  bisa melihat diagram blok sederhana dari rangkaian speaker pada HP. Perlu diketahui, pada umumnya suara diproses dalam wujud digital. Oleh karena itu kita lihat, pusat pemrosesan suara ada di CPU dan IC audio. Di dalam IC Audio ini, informasi suara dalam bentuk digital, diubah menjadi bentuk analog.