CARA MEMPERBAIKI LAPTOP MATI TOTAL YANG INDIKATOR POWER ON-NYA LANGSUNG MENYALA SAAT CHARGER DIPASANG

Di laptop umumnya terdapat beberapa lampu indicator power. Yang pertama indicator charger terpasang, biasanya terletak di samping colokan (konektor) charger. Ada lagi indicator power on yang memberi informasi bahwa laptop sudah dinyalakan, biasanya terdapat di tombol power on. Lampu pada tombol power on ini seharusnya tidak menyala pada saat charger dipasang. Dan baru akan menyala jika tombol power on ditekan oleh user, saat itu laptop pun akan menyala.

Baca juga :

Pernah suatu kali seorang murid VTIGA Kursus Service Laptop, membawa sebuah kasus kerusakan. Laptop yang dibawa adalah ACER Aspire 4732 yang mati total. Namun kali ini kasusnya cukup unik, ketika charger dipasang, lampu indicator yang terletak pada tombol on-off langsung menyala. Tentu ada sesuatu yang konslet di kasus ini.  Bagaimana solusi penyelesaiannya?

Pada artikel kali ini VTIGA akan menjelaskan cara perbaikan Laptop mati total yang indicator power on-nya langsung menyala saat charger dipasang. Contoh kali ini adalah Acer Aspire 4732Z dengan kerusakan Mati total. Laptop Acer Aspire 4732Z jika dihubungkan dengan adapter maka lampu power on hidup sendiri tanpa harus tekan saklar.

Setelah diperiksa ternyata arusnya naik ±130mA setelah adapter dipasang.